Advertisement

Dukung Ketahanan Pangan, Lanal Jogja Panen Sayur di Posmat Congot

Hafit Yudi Suprobo
Sabtu, 10 April 2021 - 03:17 WIB
Nina Atmasari
Dukung Ketahanan Pangan, Lanal Jogja Panen Sayur di Posmat Congot Potensi Pembinaan Maritim (Potmar) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta yang menaungi Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Congot, Kalurahan Karangwuni, Kapanewon Wates, Kulonprogo melaksanakan kegiatan panen pohon ketela dan sayuran di lahan lingkungan dinas pada Jumat (9/4/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com-- Potensi Pembinaan Maritim (Potmar) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta melaksanakan kegiatan panen pohon ketela dan sayuran di Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Congot, Kalurahan Karangwuni, Kapanewon Wates, Kulonprogo, pada Jumat (9/4/2021).

Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, mengatakan upaya panen sejumlah sayuran yang ditanami di sekitar lahan Posmat Congot merupakan keberlanjutan pelaksanaan program ketahanan pangan TNI AL peduli Covid-19 yang terus dilaksanakan sampai dengan saat ini.

Advertisement

"Program ketahanan pangan TNI AL telah dilaksanakan secara masif oleh Lanal Yogyakarta sejak pandemi Covid-19 terjadi," ujar Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, pada Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Selain Seroja, Ini Siklon yang Harus Diwaspadai Masyarakat

Lebih lanjut, program mendukung ketahanan pangan masyarakat selama pandemi Covid-19 yang sudah dilakukan oleh jajarannya antara lain program tanaman pangan dan sayuran di lahan lingkungan dinas TNI AL antara lain di pos TNI AL (Posal), rumah dinas (rumdis) dan Mako Lanal Yogyakarta.

"Selain melaksanakan program ketahanan pangan sektor pertanian tanaman pangan tersebut, kami juga telah melaksanakan budidaya penebaran bibit ikan lele pada 20 ikan petak kolam warga binaan," kata Darmayanti.

Sementara itu, Perwira Staf Potmar (Paspotmar) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (K/W) Herlin Hestiowati mengatakan penanaman pohon ketela dan sayuran yang berlokasi di area Posmat Congot dengan area tanah pasir harus terus dilanjutkan.

Baca juga: Kanwil DJPB DIY Gelar Pendampingan Pemasaran Online untuk Kube di Kulonprogo

"Bila perlu ditingkatkan sehingga nantinya dapat dinikmati oleh seluruh keluarga besar Lanal Yogyakarta maupun kepada warga masyarakat yang membutuhkan," kata Herlin Hestiowati.

Penanaman ketela dan sayuran tersebut, kata Herlin, merupakan kelanjutan dari program ketahanan pangan TNI AL yang telah dilaksanakan oleh Staf Potmar Lanal Yogyakarta sebelumnya.

"Adapun pada pelaksanaan program ketahanan pangan TNI AL di Posmat Congot ini dengan penanaman ketela sebanyak 30.000 bibit secara berkelanjutan, dimana pada kegiatan hari ini telah dilaksanakan panen raya tanaman sayuran metode tumpang sari antara lain cabai merah, tomat, terong dan melon," kata Herlin Hestiowati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gobel Minta Jepang Ajari Smart Farming kepada Petani Muda Indonesia

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement