Padusan di Pathok Negoro Plosokuning Ditiadakan

Foto ilustrasi suasana padusan. - Harian Jogja/Uli Febriarni
12 April 2021 09:17 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Takmir Masjid Pathok Negoro Plosokuning, Kamaludin Purnomo, menuturkan meski untuk kegiatan Ramadan tetap dilaksanakan, menjelang Ramadan Masjid Pathok Negoro Plosokuning tidak menggelar padusan seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Padusan ditiadakan lantaran kondisi pandemi covid-19 yang masih cukup tinggi. “Untuk padusan terpaksa ditiadakan. Untuk ibadah bulan suci Ramadan tetap ada seperti pengajian sore, solat tarawih, tadarus Al-Quran, iktikaf, dengan protokol kesehatan,” katanya, Minggu (11/4/2021).

BACA JUGA : Meski Tak Dilarang, Tradisi Padusan Sebaiknya Digelar

Namun demikian, padusan masih bisa dilakukan di sejumlah tempat lain, salah satunya di Desa Wisata Pulesari, Kalurahan Wonokerto, Kapanewon Turi. Pengelola Desa Wisata Pulesari, Didik Irwanto, mengatakan padusan tetap dibuka pada Selasa (13/4/2021) mendatang.

“Hari menjelang Ramadan ada kegiatan padusan. Cuma potensi kunjungannya menurun. Kami belum tahu seberapa banyak kunjungannya. Untuk penerapan protokol kesehatan, pengunjung dibatasi 50 persen dari total kapasitas wisata di sini,” katanya.

BACA JUGA : Pastikan Prokes Diterapkan, Petugas Awasi Padusan