Advertisement

Bantul Tak Terapkan Vaksinasi Drive Thru, Ini Alasannya..

Jumali
Kamis, 15 April 2021 - 02:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bantul Tak Terapkan Vaksinasi Drive Thru, Ini Alasannya.. Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul tidak akan menggelar vaksinasi dengan cara drive thru. Alasannya, stok vaksin untuk Bantul saat ini terbatas dan pemantauan terhadap dampak vaksinasi.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul, Abednego Dani Nugroho mengatakan keterbatasan stok vaksin membuat Dinkes tidak melakukan sistem drive thru.

Advertisement

Kendati ada tambahan 10.000 vaksin dari Dinkes DIY, Abed memastikan tambahan itu langsung didistribusikan ke 27 fasilitas kesehatan untuk vaksinasi.

"Setidaknya tidak setiap puskemas menerima 200 dosis. Nantinya vaksin itu untuk lansia. Nantinya juga untuk pelayan publik," kata Abed, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Ini Penyebab Sleman Diselimuti Zona Merah Covid-19

Menurut Abed, tidak adanya vaksinasi drive thru juga didasarkan kepada pertimbangan dampak vaksin. Sebab ada kewajiban untuk melakukan pemantauan selama 30 menit terhadap penerima vaksin terkait dampak lanjutan yang mungkin terjadi. Selain itu, Abed menyatakan saat ini fasilitas kesehatan di Bantul cukup dan bisa melayani vaksinasi. Sehingga tidak perlu adanya vaksinasi drive thru.

"Ini yang jadi pertimbangan lainnya," ucap Abed.

Lebih lanjut Abed mengungkapkan, vaksinasi dengan sasaran prioritas lansia masih dilakukan. Ada sekitar 130.000 lansia terdaftar sebagai penerima vaksin.

"Hingga saat ini, baru sekitar 1.351 lansia yang sudah mendapat vaksin dosis pertama. Dan saat ini vaksinasi terus berjalan," ucap Abed.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement