Advertisement

Awal Ramadan Stok Pangan Masih Aman

Catur Dwi Janati
Sabtu, 17 April 2021 - 05:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Awal Ramadan Stok Pangan Masih Aman Pedagang Pasar Bantul, Murti mendisplai telur ayam di los miliknya yang tengah naik harganya. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Kendati sejumlah bahan pokok tengah mengalami pelonjakan harga di awal Ramadan ini, stok bahan pangan masih dinilai aman. Sejumlah komoditas seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan hingga beras masih melimpah di awal ramadan.

Kepala Seksi Distribusi dan Harga Barang Kebutuhan Pokok, Dinas Perdagangan Bantul Zuhriyatun Nur Handayani atau akrab yang disapa Nani menyampaikan jika pasokan berbagai bahan pokok masih aman di awal ramadan. "Untuk stok juga aman. Dari pasar maupun dari distributor itu aman dari hasil pantauan, mencukupi," tuturnya pada Jumat (16/4/2021).

Advertisement

Selain harga daging dan telur ayam yang naik, harga sejumlah bahan pangan disebutkan Nani seperti bawang merah dan bawang putih stabil. "Bawang merah Rp30.000 per kilogram bawang putih Rp26.000 per kilogram. Harga berasnya juga stabil," ujarnya.

Kendati masih stabil, Nani menyebutkan bakal dilakukan operasi pasar di pertengahan ramadan. "Rencananya Jumat pekan kedua puasa di tanggal 23 April nanti akan kita adakan operasi pasar, di depan kantor Disdag seperti tahun lalu," ungkapnya.

Baca juga: UGM dan RS Sardjito Sembuhkan Pasien Covid-19 Sakit Berat dengan Terapi Sel Punca

"Pertimbangannya dilakukan operasi pasar lagi untuk warga di sekitar sini untuk mencukupi kebutuhan. Itu kan pelaksanaannya sudah separuh ramadan dan mendekati Idulfitri. Kalau nanti kita operasi pasar jaraknya dekat itu kan kemarin sudah. Kita ambil dua pekan jaraknya sambil kita lihat tren harga," tandasnya.

Nani memprediksi jika harga kebutuhan pokok yang naik seperti daging dan telur ayam bakal turun di pertengahan Ramadan, lalu kembali naik menjelang lebaran agak naik. "Tapi turunnya juga tidak terlalu jauh harganya kalau untuk telur dan daging ayam," ujarnya.

Salah satu pedagang Pasar Bantul, Murti akui jika dari berbagai bahan pangan hanya telur yang sedang naik di losnya. Selain itu harga bahan pangan cenderung normal dan stoknya terjaga. "Kenaikannya enggak tahu sampai kapan. Enggak pasti lebaran bisa naik. Lebaran dulu malah murah, kurang tahu kalau lebaran besok naik apa enggak," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement