Advertisement

Jembatan Baru Gembira Loka Bisa Dilewati Mulai Senin

Sirojul Khafid
Jum'at, 23 April 2021 - 16:37 WIB
Budi Cahyana
Jembatan Baru Gembira Loka Bisa Dilewati Mulai Senin Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jembatan baru Muja-Muju Jalan Kusumanegara yang berada di sisi utara Kebun Binatang Gembira Loka mulai dioperasikan Senin (26/4/2021).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja, Agus Arif Nugroho, sudah ada kesepakatan uji coba jembatan baru dengan Polresta Jogja. "Uji coba akan kami awali pada Senin  pukul 09.00 WIB," kata Agus, Jumat (23/4/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Menhub Setop Penerbangan dari dan ke India

Pengendara dari arah timur ke barat, akan melewati jembatan baru yang berada di sisi selatan. Sementara pengendara di Jalan Kusumanegara dari arah barat ke timur harus melewati jembatan lama yang berada di sisi utara.  

Selain itu, pengendara dari Jalan Kebun Raya tidak boleh lagi berbelok ke kanan atau arah timur, tetapi wajib ke kiri melalui jembatan baru. Begitu pula pengendara dari Jalan Kusumanegara, tidak bisa lagi belok ke kanan menuju Jalan Kebun Raya, tetapi lurus ke timur hingga Gedongkuning. "Ketika jembatan baru sudah dioperasikan, sisi timur jembatan sudah tidak bisa untuk kendaraan. Itu bisa membahayakan sehingga akan kami halau," urainya.

Kasat Lantas Polresta Jogja, Kompol Chandra Lulus Widiantoro mengatakan perubahan rekayasa lalu lintas juga akan terjadi di simpang SGM, khususnya bagi kendaraan dari arah utara atau Jalan Kenari yang hendak berbelok ke kiri menuju Jalan Kusumanegara. "Di Simpang SGM, arus lalu lintas dari Utara ke Timur yang sebelumnya bisa langsung belok kiri berubah menjadi ikuti lampu [lalu lintas]," kata Kompol Chandra.

Selama uji coba, personel Polresta Jogja dan Dishub Kota Jogja akan melihat lalu lintas kendaraan di kawasan tersebut. Pada dasarnya, pembangunan jembatan baru sebagai pelengkap jembatan lama. Harapannya ke depan beban dan volume kendaraan dapat terbagi dan memperpanjang umur jembatan. Dalam proses pembuatannya, jembatan baru ini menghabiskan anggaran sekitar Rp6 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement