Advertisement

Kembangkan Cerita Lokal, Disbud DIY Gelar Cipta Dongeng 2021

Sunartono
Jum'at, 23 April 2021 - 05:37 WIB
Sunartono
Kembangkan Cerita Lokal, Disbud DIY Gelar Cipta Dongeng 2021 Ilustrasi orang tua membacakan buku dongeng kepada anak-anak usia dini. - Ist/Hmpaudi DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kebudayaan DIY menggelar lomba Cipta Dongeng 2021. Kompetisi ini untuk mengembangkan berbagai cerita lokal. Harapannya melalui cara ini dapat menumbuhkembangkan karakter kebangsaan dengan berpegang pada kearifan lokal.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan DIY Sumadi menjelaskan Cipta Dongeng 2021 digelar untuk memperbanyak cerita yang berada di lingkungan sekitar masyarakat. Ia meyakini banyak cerita-cerita lokal yang selama ini belum terungkap atau terbukukan namun masih diingat oleh masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan sumber tulisan yang berasal dari dongeng di lingkungannya.

Advertisement

BACA JUGA : Ini Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

“Selain itu untuk memaksimalkan dan mendorong tumbuh kembangnya karakter kebangsaan yang berpijak pada lokalitas. Sekaligus memotivasi masyarakat mengembangkan cerita-cerita dan dongeng-dongeng yang berasal dari lingkungan sendiri,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (22/4/2021).

Kepala Bidang Pemeliharaan dan pengembangan Sejarah, Bahasa, Sastra dan Permuseuman Disbud DIY Rully Andriadi menambahkan Cipta Dongeng 2021 ini diharapkan dapat menyediakan bahan bacaan yang bersifat local knowledge di tengah gempuran cerita-cerita yang tidak mengakar pada budaya sendiri. Selain itu untuk mentradisikan kembali kepenulisan cerita dan dongeng untuk membentuk ingatan kolektif generasi ke depan.

BACA JUGA : Lewat Mendongeng, Hubungan Anak & Orang Tua Kian

“Harapannya terwujudnya generasi masa depan yang modern tapi mengakar pada budaya lokal mereka dan memiliki karakter kebangsaan kuat dan bersandar pada ingatan-ingatan kolektif mereka. Untuk persyaratan di https://budaya.jogjaprov.go.id/pengumuman/detail/147-cipta-dongeng-2021 . Pengiriman naskah di link: http://bit.ly/daftar-ciptadongeng-diy,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement