Advertisement

Ini Imbauan untuk Warga Bantul yang Telanjur Mudik Lebaran

Newswire
Kamis, 29 April 2021 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Ini Imbauan untuk Warga Bantul yang Telanjur Mudik Lebaran Ilustrasi pemudik. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta meminta warga Bantul yang telanjur mudik Lebaran agar menaati protokol kesehatan dengan melakukan isolasi sebelum bersosialisasi ke masyarakat.

"Seusai aturan pemerintah dalam pencegahan penularan COVID-19 pada masa Lebaran, masyarakat yang terlanjur mudik harus melakukan isolasi selama lima hari, dan setelah itu melakukan 'tes rapid' (tes cepat) antigen," kata Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo di sela penyerahan bantuan fasilitas tempat isolasi atau selter kelurahan di Bantul, Kamis (29/4/2021).

Advertisement

Dia menjelaskan pelaku perjalanan atau pemudik yang tetap melaksanakan perjalanan bisa melakukan isolasi secara mandiri di rumah maupun di selter yang disediakan kelurahan sebelum berbaur dan beraktivitas di masyarakat.

BACA JUGA: 3 Motor Celaka di Jalan Wates, 1 Pengendara Tewas

Ia juga meminta peran aktif dari satuan tugas (satgas) kelurahan dan jajarannya dalam memantau kedatangan pemudik serta menjaga kedisiplinan masyarakat dalam pelaksanaan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

"Jangan sampai kita kendor dalam menerapkan protokol kesehatan serta pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro supaya tidak terjadi klaster atau penularan baru setelah Lebaran nanti," kata dia.

Dia mengatakan dalam pengendalian dan pengawasan, terutama menghadapi masa Lebaran, pemkab telah berkoordinasi lintas sektoral, dan meminta kepada para lurah desa untuk memberdayakan anggota satlinmas dalam memantau kegiatan masyarakat.

"Kita upayakan pemenuhan sarana dan prasarana untuk pencegahan penularan dan mengajak menjaga semuanya untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, karena apabila kendor akan berdampak besar," katanya.

Berkaitan dengan selter COVID-19 di kelurahan, ia mengatakan, meskipun sarana prasarana untuk selter telah dicukupi dan disiapkan, harapannya tetap tidak ada masyarakat yang menggunakan sebagai tempat perawatan dalam artian masyarakat tetap sehat.

"Kita siapkan segala keperluan sarana prasarana dan semoga tidak pernah dipakai dalam arti kita semua sehat, dan masyarakat dapat patuh terhadap aturan pemerintah terutama larangan mudik Lebaran," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral! Istri Siri Polisi Curhat Alami KDRT, Kompolnas Surati Kapolda Kepri

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement