3 Hari, Iuran di Masjid Jogokariyan untuk Beli Kapal Selam Terkumpul Rp1 Miliar

Masyarakat berkegiatan di sekitar Kampung Ramadhan Jogokariyan, Selasa (13/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid
30 April 2021 20:57 WIB Suci Dinda Astian Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Himpunan Anak-anak Masjid (Hamas) Jogokariyan menggalang dana untuk donasi membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala-402.

Pada Kamis (29/4/2021) atau hari ketiga, penggalangan dana telah terkumpul Rp1 miliar. “Alhamdulillah, sampai sore asar ini, sudah tembus Rp1 miliar," kata Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan Muhammad Jazir Asp, Jumat (30/4/2021).

Padahal pada 24 jam awal setelah dibuka pada Senin (26/4/2021), penggalangan dana baru terkumpul uang sebanyak Rp6,5 juta. Penggalangan ini dilakukan di sekitar pasar sore Ramadan Jogokariyan. Uang yang terkumpul pada tahap awal ini diserahkan untuk keluarga prajurit KRI Nanggala- 402 yang gugur saat bertugas.

Baca juga: Soal Usulan Hapus Kredit Bermasalah UMKM di Bawah Rp5 Miliar, Begini Penjelasan OJK

Ketua Takmir Masjid Jogokariyan, Muhammad Fanni Rahman berkata “ Dana patungan sebanyak itu untuk patungan membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala 402.

"Tidak hanya melalui secara langsung, penggalangan dana ini juga dilakukan menggunakan metode transfer ke rekening masjid Jogokariyan," jelasnya.

Penggalangan dana ini juga diramaikan oleh Ustaz Abdul Somad yang ikut mengumumkan di akun Instagram resminya, @ustadzabdulsomad_official. UAS mengajak seluruh warga Indonesia memberikan sumbangsih untuk membangun kekuatan militer laut. Dia juga menyertakan nomor rekening yang digunakan untuk menampung donasi tersebut.