Advertisement

Pemeriksaan Daging di Bantul Jelang Lebaran Diperketat

Catur Dwi Janati
Minggu, 02 Mei 2021 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Pemeriksaan Daging di Bantul Jelang Lebaran Diperketat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Sepuluh hari jelang Lebaran pemeriksaan kualitas dan kesehatan daging sapi pasar terus dilakukan. Dimulai sejak awal Ramadan, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Pangan Bantul sampai saat ini belum menemukan daging bermasalah.

Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul, Yus Warseno menyebutkan pengawasan terhadap hasil pertanian dan peternakan selalu dilalukan. Tidak hanya perihal ketersediaan stok, aspek kualitas juga jadi sasaran pengawasan kualitas hasil pertanian dan peternakan.

Advertisement

Ditegaskan Yus pada Minggu (2/5/2021) daging-daging yang tidak aehat maupun gelongongan tidak bisa masuk ke Bantul karena ketatnya pengawasan. Menjelang Lebaran pengawasan akan kualitas daging akan makin diperketat agar kualitas daging yang sampai ke masyarakat bisa terjamin.

BACA JUGA: Terjerat Utang, Karyawan Kafe di Sleman Gelapkan Penjualan Mesin Kopi

Langkah preventif masuknya daging berpenyakit ataupun gelonggongan sebenarnya telah diantisipasi sejak awal Ramadan. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bantul, Joko Waluyo menerangkan pengawasan mulai diterjunkan sejak awal Ramadan ketika harga daging ayam mulai naik.

"Pemeriksaan dilakukan tim DPPKP Bantul keliling di pasar-pasar tradisional. Sudah mulai sejak mulai puasa, teman-teman mulai ke pasar cek kualitas daging," tuturnya.

Hingga saat ini Joko menyebut belum ada temuan daging berpenyakit atau pun gelonggongan di pasar tradisional Bantul. "Insyaallah aman, ternak yang masuk ke Bantul juga wajib mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan Ternak (SKKH) sebelum masuk rumah potong," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement