Advertisement

218 Napi Lapas Wirogunan Peroleh Remisi Lebaran

Yosef Leon
Jum'at, 07 Mei 2021 - 08:37 WIB
Sunartono
218 Napi Lapas Wirogunan Peroleh Remisi Lebaran Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, MERGANGSAN - Sedikitnya 218 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Wirogunan Jogja bakal memperoleh remisi khusus pada Idulfitri 2021. Mereka terdiri dari 217 napi yang mendapat remisi khusus I dan satu orang lainnya mendapat remisi khusus II.

Kepala Lapas Kelas IIA Wirogunan Jogja, Arimin menjelaskan, 217 napi yang mendapat remisi khusus I itu nantinya hanya mendapat pemotongan masa tahanan dan belum diizinkan bebas karena setelah dikurangi dengan remisi masa tahanan mereka masih ada.

Advertisement

BACA JUGA : 142 Ribu Napi Akan Terima Remisi Kemerdekaan RI, Ditjen

"Sementara, satu napi lagi yang mendapat remisi khusus II itu dia langsung bebas pas hari H Lebaran," jelas Arimin, Kamis (6/5/2021).

Dia menjelaskan bahwa, sejumlah napi yang mendapat remisi tersebut merupakan napi yang telah memenuhi sejumlah persyaratan yakni berupa minimal telah menjalani masa tahanan selama enam bulan, berkelakuan baik, dan melengkapi dokumen persyaratan lainnya.

Sesuai ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: 21 Tahun 2013 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat, napi yang bisa diusulkan mendapatkan remisi apabila minimal telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan.

"Macam-macam kasusnya. Tapi tidak ada yang kasus narkoba. Itu sudah ada surat keterangannya dari Kemenkumham," jelasnya.

BACA JUGA : Tahun Baru Imlek, 32 Napi Beragama Konghucu Terima Remisi

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa remisi khusus ini merupakan satu dari lima jenis remisi yang ditetapkan dalam ketentuan perundang-undangan. Selain remisi khusus, jenis remisi lainnya remisi umum, remisi umum susulan, remisi khusus susulan dan remisi tambahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Jepang Gugat Pemerintah Soal Evek Samping Vaksin Covid-19

News
| Kamis, 18 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement