218 Napi Lapas Wirogunan Peroleh Remisi Lebaran

Ilustrasi. - Freepik
07 Mei 2021 08:37 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, MERGANGSAN - Sedikitnya 218 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Wirogunan Jogja bakal memperoleh remisi khusus pada Idulfitri 2021. Mereka terdiri dari 217 napi yang mendapat remisi khusus I dan satu orang lainnya mendapat remisi khusus II.

Kepala Lapas Kelas IIA Wirogunan Jogja, Arimin menjelaskan, 217 napi yang mendapat remisi khusus I itu nantinya hanya mendapat pemotongan masa tahanan dan belum diizinkan bebas karena setelah dikurangi dengan remisi masa tahanan mereka masih ada.

BACA JUGA : 142 Ribu Napi Akan Terima Remisi Kemerdekaan RI, Ditjen

"Sementara, satu napi lagi yang mendapat remisi khusus II itu dia langsung bebas pas hari H Lebaran," jelas Arimin, Kamis (6/5/2021).

Dia menjelaskan bahwa, sejumlah napi yang mendapat remisi tersebut merupakan napi yang telah memenuhi sejumlah persyaratan yakni berupa minimal telah menjalani masa tahanan selama enam bulan, berkelakuan baik, dan melengkapi dokumen persyaratan lainnya.

Sesuai ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: 21 Tahun 2013 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat, napi yang bisa diusulkan mendapatkan remisi apabila minimal telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan.

"Macam-macam kasusnya. Tapi tidak ada yang kasus narkoba. Itu sudah ada surat keterangannya dari Kemenkumham," jelasnya.

BACA JUGA : Tahun Baru Imlek, 32 Napi Beragama Konghucu Terima Remisi

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa remisi khusus ini merupakan satu dari lima jenis remisi yang ditetapkan dalam ketentuan perundang-undangan. Selain remisi khusus, jenis remisi lainnya remisi umum, remisi umum susulan, remisi khusus susulan dan remisi tambahan.