Vaksinasi Pedagang Pasar di Sleman Dilanjutkan Setelah Lebaran

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
09 Mei 2021 19:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Pelaksanaan vaksinasi bagi pedagang pasar akan dilanjutkan setelah perayaan Idulfitri. Dinas Kesehatan pun mengevaluasi sejumlah hal terkait perlaksanaan vaksinasi untuk sektor pelayan publik ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan pelaksanaan vakasinasi di dua pasae percontohan baik Pasar Gentan Ngaglik maupun Pasar Sambisari Depok sudah selesai digelar. Dari kegiatan vaksinasi di dua lokasi berbeda tersebut, Dinkes pun melakukan evaluasi pelaksanaannya.

Bila di Pasar Gentan dari target 300 pedagang yang divaksin hanya 157 orang, Dinkes menilai perlu dilakukan sosialisasi lebih masif kepada para pedagang pasar terkait program vaksinasi Covid-19. Sebab selain sejumlah pedagang saat akan divaksin tidak lolos skrining karena tensi tinggi dan ada yang memiliki komorbid, sebagian pedagang masih merasa takut untuk divaksin.

BACA JUGA: Konsumsi Ganja, Mahasiswa di Seturan Sleman Diciduk Polisi

"Oleh karenanya, sosialisasi dan edukasi akan kami gencarkan agar pedagang tidak khawatir dengan pemberian vaksin Covid-19," katanya di sela kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi pedagang pasar Sambilegi, Depok, Sabtu (8/5/2021).

Adapun di Pasar Sambilegi, antusiasme pedagang untuk divaksin justru sangat tinggi. Tercatat jumlah pedagang pasar dan sebagian lansia yang divaksin di pasar tersebut sebanyak 350 orang. Kondisi tersebut menimbulkan kerumunan saat para peserta antre menunggu proses vaksininasi. "Ya ada kerumunan di area tunggu. Tentu ini sudah dievaluasi," katanya.

Dari hasil evaluasi tersebut, Dinkes akan mengubah skema lokasi vaksinasi bagi pedagang. Setelah Lebaran, katanya, pemberian vaksin tidak lagi dipusatkan di area pasar. Pemberian vaksin bagi pedagang pasar akan digelar di tempat umum yang letaknya berdekatan dengan pasar. Tahapan kelanjutan pemberian vaksin bagi pedagang akan dimulai setelah 17 Mei secara bertahap.

"Setelah lebaran misalnya, kami akan gelar vaksinasi bagi pedagang Pasar Sleman dan Pasar Denggung. Targetnya 580 pedagang. Mereka dikumpulkan di GOR Pangukan agar tidak menimbulkan kerumunan dan menjaga jarak," kata Joko.