Pelayanan SIM Polda DIY Libur Lebaran, Perpanjangan Diberi Masa Tenggang 3 Hari

Ilustrasi - Antara
10 Mei 2021 14:07 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Hari Raya Idulfitri 1442 ditetapkan sebagai hari libur nasional. Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY akan menyesuaikan dengan hari libur dan cuti bersama.

Berdasarkan informasi dari Polda DIY, dalam rangka libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1442 H, pelayanan penerbitan SIM Ditlantas Polda DIY ditutup pada Rabu (12/5/2021) hingga Minggu (16/5/2021).

Dengan demikian, pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada masa penutupan tersebut tidak bisa melakukan perpanjangan. Namun, Ditlantas Polda DIY memberikan masa tenggang untuk mereka.

Pemegang SIM bisa memperpanjang setelah pelayanan Ditlantas Polda DIY kembali dibuka seusai libur Lebaran, yakni Senin (17/5/2021). Mereka diberi waktu selama tiga hari.

"Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 12-16 Mei 2021, dapat diperpanjang dengan masa tenggang waktu dari 17-19 Mei 2021, dengan mekanisme perpanjangan," demikian bunyi pengumuman Polda DIY.

Adapun bagi pemegang SIM dengan masa berlaku habis pada saat libur Lebaran namun tidak melakukan perpanjangan sesuai masa tenggang tersebut, maka akan dikenakan kebijakan berbeda.

"Bagi pemegang SIM yang tidak melaksanakan perpanjangan pada masa tenggang waktu tersebut maka dilaksanakan dengan mekanisme penerbitan SIM baru," tulis Polda DIY.