Ratusan Petugas Diterjunkan untuk Awasi Prokes di Area Wisata di Gunungkidul

Anggota SAR Satlinmas Wilayah II DIY saat mengawasi protokol kesehatan di Pantai Pulangsawal/Indrayanti, Kalurahan Tepus, Tepus, beberapa waktu lalu. - Istimewa/Dinas Pariwisata Gunungkidul
10 Mei 2021 14:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya 345 petugas gabungan akan diterjunkan untuk pengamanan dan pengawasan protokol kesehatan di kawasan wisata Gunungkidul supaya libur Lebaran dapat berjalan lancar serta jauh dari penularan virus Corona.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan sudah mempersiapkan untuk pelaksanaan libur lebaran mulai 14-23 Mei mendatang. persiapan melibatkan instansi lintas sektoral mulai dari organisasi perangkat daerah di lingkup pemkab, TNI-Polri, senkom, kelompok sadar wisata, kapanewon hingga pamong kalurahan.

BACA JUGA: Muhammadiyah Tetapkan Idulfitri 13 Mei 2021, Kemenag Gelar Sidang Isbat Besok

Menurut dia, fokus pelaksanaan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di area wisata sesuai dengan norma adaptasi kebiasaan baru.

Guna memastikan tidak ada klaster penularan, pemerintah sudah menyiapkan antisipasi seperti pengecekan suhu tubuh saat memasuki area wisata. Selain itu, ada juga penyediaan fasilitas tempat cuci tangan untuk mendukung protokol kesehatan. “Kami juga membatasi jumlah pengunjung sebanyak 50% dari kuota normal sehingga ada jaga jarak antar wisatawan. Selain itu, juga , dilakukan penyemprotan disinfektan untuk sterilisasi kawasan,” katanya kepada Harianjogja.com, Senin (10/5/2021).

Asti menuturkan selama libur Lebaran akan ada penambahan personel pegawasan di kawasan wisata. Hal ini dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan benar-benar dijalankan oleh para pengunjung.

Total ada 345 personel yang berasal dari dinas pariwisata, dinas kesehatan, satpol PP hingga dinas perhubungan. Selain itu, ada juga pokdarwis, SAR satlinmas, anggota TNI-Polri, kapanewon hingga kalurahan. “Mudah-mudahan dengan antisipasi ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang berkunjung di destinasi Gunungkidul,” imbuhnya.

BACA JUGA: Hampir Rampung, 13.399 Guru & Tendik Telah Divaksin

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono. Menurut dia, penerapan protokol kesehatan di area wisata merupakan hal wajib untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Ratusan personel yang diterjunkan selama libur Lebaran, salah satunya untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di area wisata,” katanya.

Dinas Pariwisata Gunungkidul juga menyediakan pusat informasi wisata di empat lokasi. Dua lokasi berada di TIC Patuk dan kantor Dinas Pariwisata. Sedangkan dua lainnya, berada di Pantai Krakal dan Baron.