Terminal Giwangan Sediakan Swab Antigen Gratis

Suasana di Terminal Giwangan, Kamis (6/5/2021)-Harian Jogja - Sirojul Khafid
15 Mei 2021 11:59 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Terminal Giwangan akan menyediakan layanan swab antigen gratis bagi penumpang, setelah larangan mudik pada 6-17 Mei 2021 usai.

Menurut Kepala Unik Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Giwangan Jogja, Bekti Zunanta, layanan ini sebagai upaya deteksi dini baik penumpang berangkat atau turun di terminal yang berpotensi positif Covid-19.

Swab menggunakan antigen ini dilakukan secara acak. Apabila dalam pemeriksaan penumpang terdapat gejala Covid-19 seperti suhu di atas 37,5 derajat Celcius, penumpang tersebut akan di-swab. Apabila hasilnya positif, penumpang bisa menempati ruang isolasi sembari menunggu penanganan dari tim medis yang disediakan Terminal Giwangan.

Untuk swab antigen, kami hanya dikasih 200 [unit] untuk tanggal 18-24 Mei 2021,” kata Bekti, Sabtu (15/5/2021).

Selain layanan swab antigen, Terminal Giwangan juga menyediakan layanan tes Covid-19 dengan GeNose secara gratis sejak 12 April 2021. Setiap hari ada 50 unit GeNose yang bisa digunakan penumpang. “[Saat ini] masih sepi, jadi tidak tampak antrean [layanan GeNose],” kata Bekti.

Layanan GeNose dibuka setiap hari pada pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. Seluruh upaya ini dilakukan pengelola Terminal Giwangan demi membuat penumpang dan warga lainnya merasa aman dan nyaman. Meski dalam situasi larangan mudik, Terminal Giwangan tetap membuka layanan bagi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang memiliki stiker.

Stiker ini untuk tanda penumpang khusus seperti dalam perjalanan dinas, membawa pekerja dari luar negeri dan sebagainya. Penumpang-penumpang ini masuk dalam pengecualian larangan mudik.