Libur Lebaran: 70 Persen Wisatawan di Bantul Pilih ke Parangtritis

Penarikan retribusi di TPR Prangtritis. - Harian Jogja/ Catur Dwi Janati.
16 Mei 2021 14:27 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Libur lebaran berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata Bantul. Parangtritis yang dibanjiri pengunjung menjadi salah satu destinasi yang menyumbang PAD cukup besar dari libur lebaran tahun ini.

Banyaknya kunjungan wisata terpantau dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis, Kretek, Bantul. Koordinator TPR Parangtritis, Rahmat Ridwanto pada Minggu (16/5) menyebutkan kunjungan wisata terus meningkat dari hari pertama lebaran sampai H+2 lebaran. Pada lebaran hari pertama contohnya, TPR Parangtritis mencatat sebanyak 3100 pengunjung memasuki kawasan Parangtritis. Jumlah itu kemudian meningkat tiga kali lipat di hari kedua lebaran.

BACA JUGA : Libur Lebaran, 41.340 Orang Berkunjung ke Pantai di Bantul

Pada hari kedua lebaran Jumat (14/5) jumlah wisatawan yang masuk melalui TPR mencapai 9960 orang. "Jumlahnya kembali naik dua kali lipat di hari berikutnya. Pada Sabtu [15/5] total kunjungan wisatawan Parangtritis sampai pukul 18.00 WIB mencapai 17.850 orang," ujarnya.

"Masih di dominasi wisatawan lokal DIY, yang dari luar ada tapi enggak seberapa hanya satu dua, dari Jawa Tengah juga satu dua. Apakah mereka asli sini atau berada di DIY sebelum penyekatan atau bagaimana kurang tahu. Tetapi ada satu dua pengunjung luar DIY. Mungkin yang enggak mudik, kami cuma melihat platnya saja, sedangkan wisatawan menggunakan elf dan bus besar masih belum ada," katanya.

Kenaikan kunjungan wisatawan berbanding lurus dengan PAD yang bakal diterima dari sektor pariwisata. "Jelas ada peningkatan pengunjung tentu ada peningkatan PAD-nya," jelasnya.

BACA JUGA : Libur Lebaran, Pengunjung Taman Sari Terpantau Landai

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo menyampaikan jumlah kunjungan beserta pendapatan yang diperoleh semala libur lebaran 13-15 Mei 2021. Dari segi jumlah, peningkatan wisatawan terus meningkat di berbagai destinasi wisata di Bantul. Pada hari pertama libur lebaran sebanyak 3.565 wisatawan mengunjungi Bantul. Meningkat di hari kedua lebaran yang mencapai 12.880 orang dan kembali melonjak di hari terakhir yang mencapai 24.898.

"Total 41.343 wisatawan mengunjungi Bantul dalam kurun waktu tiga hari. Dari total wisatawan, sekitar 70 persennya mengunjungi kawasan Parangtritis," katanya.

Markus mengkalkulasi jumlah pendapatan pada hari pertama sebesar Rp34 juta, hari kedua lebaran Rp125 juta, dan hari ketiga lebaran mencapai Rp241 juta. "Total pendapatan yang masuk mencapai sekitar Rp401,2 juta," ucapnya.