Advertisement

Masih Baru, Objek Wisata di Sleman Ini Paling Banyak Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Abdul Hamied Razak
Selasa, 18 Mei 2021 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Masih Baru, Objek Wisata di Sleman Ini Paling Banyak Dikunjungi Saat Libur Lebaran Suasana Obelix Hills yang berada di Dusun Klumprit, Wukirharjo, Prambanan, Sleman. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Selama libur lebaran tahun ini, kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Sleman meningkat drastis. Destinasi wisata baru, Obelix Hills Wukirharjo Prambanan menjadi lokasi wisata terfavorit.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1442 H mulai 12-16 Mei tercatat sebanyak 77.721 wisatawan yang berkunjung di 21 destinasi wisata di Sleman.

Advertisement

Dari seluruh destinasi yang dikunjungi, wisata outdoor atau wisata alam tercatat paling banyak dikunjungi wisatawan. "Destinasi wisata alam masih menjadi favorit wisatawan selama libur panjang lebaran tahun ini," kata Plt Kepala Dispar Sleman Suci Iriani Sinuraya, Selasa (18/5/2021).

BACA JUGA: Ngamuk di Hotel Bawa Keris, Pemuda Klaten Diringkus Polisi

Dispar mencatat, kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata alam seperti Grojogan Watu Purbo, Kaliurang dan Kaliadem, Embung Senja, Bukit Breksi, Obelix Hills, Bukit Klangon, Blu Lagoon, Plunyon Kalikuning dan Lava Bantal mencapai 47.787 wisatawan.

Adapun kunjungan untuk destinasi Candi seperti Candi Prambanan, Kraton Ratu Boko, Candi Ijo, Candi Sambisari, dan Candi Banyunibo tercatat sebanyak 12.061 wisatawan. Tingkat kunjungan ke museum meliputi Museum Gunung Merapi (MGM), Ullen Sentalu, dan Monjali hanya 878 wisatawan.

Selanjutnya, kunjungan di destinasi wisata buatan seperti Jogja Bay, Studio Alam Gamplong, Jogja Exotarium, Agro Wisata Bhumi Merapi, The World Landmark, Sindu Kusuma Edupark total diminati oleh 12.979 wisatawan. "Sisanya sekitar 4.016 wisatawan lainya berkunjung di destinasi yang dikelola oleh kelompok masyarakat," kata Suci.

Kasi Analisa Pasar Dok. Info Dinas Pariwisata Sleman, Kus Endarto menambahkan destinasi favorit untuk periode libur kali ini adalah Obelix Hills. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini sekitar 16.230 wisatawan. Adapun kunjungan ke Kaliurang dan Kaliadem (14.349 pengunjung) dan Candi Prambanan (10.500 pengunjung).

"Untuk kunjungan ke Jogja Bay 5.030 pengunjung dan Tebing Breksi sebanyak 3.459 pengunjung," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

RUU Daerah Khusus Jakarta Sah Dibawa ke Sidang Paripurna

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement