Masih Baru, Objek Wisata di Sleman Ini Paling Banyak Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Suasana Obelix Hills yang berada di Dusun Klumprit, Wukirharjo, Prambanan, Sleman. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
18 Mei 2021 19:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Selama libur lebaran tahun ini, kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Sleman meningkat drastis. Destinasi wisata baru, Obelix Hills Wukirharjo Prambanan menjadi lokasi wisata terfavorit.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1442 H mulai 12-16 Mei tercatat sebanyak 77.721 wisatawan yang berkunjung di 21 destinasi wisata di Sleman.

Dari seluruh destinasi yang dikunjungi, wisata outdoor atau wisata alam tercatat paling banyak dikunjungi wisatawan. "Destinasi wisata alam masih menjadi favorit wisatawan selama libur panjang lebaran tahun ini," kata Plt Kepala Dispar Sleman Suci Iriani Sinuraya, Selasa (18/5/2021).

BACA JUGA: Ngamuk di Hotel Bawa Keris, Pemuda Klaten Diringkus Polisi

Dispar mencatat, kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata alam seperti Grojogan Watu Purbo, Kaliurang dan Kaliadem, Embung Senja, Bukit Breksi, Obelix Hills, Bukit Klangon, Blu Lagoon, Plunyon Kalikuning dan Lava Bantal mencapai 47.787 wisatawan.

Adapun kunjungan untuk destinasi Candi seperti Candi Prambanan, Kraton Ratu Boko, Candi Ijo, Candi Sambisari, dan Candi Banyunibo tercatat sebanyak 12.061 wisatawan. Tingkat kunjungan ke museum meliputi Museum Gunung Merapi (MGM), Ullen Sentalu, dan Monjali hanya 878 wisatawan.

Selanjutnya, kunjungan di destinasi wisata buatan seperti Jogja Bay, Studio Alam Gamplong, Jogja Exotarium, Agro Wisata Bhumi Merapi, The World Landmark, Sindu Kusuma Edupark total diminati oleh 12.979 wisatawan. "Sisanya sekitar 4.016 wisatawan lainya berkunjung di destinasi yang dikelola oleh kelompok masyarakat," kata Suci.

Kasi Analisa Pasar Dok. Info Dinas Pariwisata Sleman, Kus Endarto menambahkan destinasi favorit untuk periode libur kali ini adalah Obelix Hills. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini sekitar 16.230 wisatawan. Adapun kunjungan ke Kaliurang dan Kaliadem (14.349 pengunjung) dan Candi Prambanan (10.500 pengunjung).

"Untuk kunjungan ke Jogja Bay 5.030 pengunjung dan Tebing Breksi sebanyak 3.459 pengunjung," paparnya.