BPJS Ketenagakerjaan di Sleman Baru Mengkover 54.576 Pekerja

BPJS Ketenagakerjaan. - Antara
20 Mei 2021 19:37 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Untuk melindungi seluruh hak-hak pekerja, BPJamsostek akan terus bersinergi dengan Pemkab Sleman. Saat ini, baru tercatat sebanyak 54.579 tenaga kerja aktif yang telah mendaftar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta, Asri Basir menjelaskan saat ini di wilayah Sleman terdapat 2.525 badan usaha atau pemberi kerja, 21 proyek jasa konstruksi serta 54.579 tenaga kerja aktif yang telah mendaftar kepesertaan BPJamsostek.

"Di wilayah Sleman masih banyak potensi yang perlu digarap. Saya berharap BPJS Ketenagakerjaan bisa terus bersinergi dengan Pemkab Sleman untuk memberikan kemanfaatan coverage menyeluruh bagi tenaga kerja di Sleman," ujarnya saat memberikan santunan kepada ahli waris dua orang peserta BPJamsostek di Pemkab Sleman, Kamis (20/5/2021).

BACA JUGA: Pemda DIY Gencarkan Skrining Covid-19 Pasca-Lebaran

Kedua pekerja peserta BPJamsostek yang meninggal masing-masing almarhum Yazid Muanis dengan total santunan sebesar Rp124,8 juta dan almarhum Herrybertus Bono Ekoputro total santunan Rp125 juta. Termasuk pemberian beasiswa kepada ahli waris. "Total klaim di Sleman sampai Mei 2021 sebanyak 1.672 klaim dengan nominal lebih dari Rp14,5 Miliar," kata Asri.

Pada kesempatan itu, Asri juga menyerahkan Piagam Penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan kepada PUDAM Tirta Sembada Sleman sebagai Finalis Paritrana Award Tahun 2020 kategori Badan Usaha Skala Menengah.

Direktur PUDAM Tirta Sembada Dwi Nurwata juga menyerahkan secara Simbolis CSR PUDAM Tirta Sembada Sleman 2021 kepada Tenaga Pendidik Paud/KB se Kabupaten Sleman. Penyerahan CSR kepada perwakilan Guru PAUD berupa pendaftaran kepesertaan BPJamsostek bagi tenaga pendidik PAUD/KB di Kapanewon Minggir dan Kapanewon Moyudan selama satu tahun.

"Kami juga ada program pemberian CSR terhadap masyarakat kurang mampu dan relawan kesehatan yang ditanggunggkan dalam kepesertaan BPJamsostek sebanyak 2.500 orang pada 2020," ujarnya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan kerjasama Pemkab Sleman dengan BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud keseriusan pemerintah dalam melakukan layanan jaminan sosial bagi tenaga kerja di Kabupaten Sleman. ”Diharapkan melalui kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini, tenaga kerja di Kabupaten Sleman dapat merasakan manfaatnya,” ujar Kustini.