HMPS Akuntansi Syariah UIN Sunan Kalijaga Gelar Webinar Kewirausahaan tentang Digital Marketing

Webinar "Optimalisasi Creative Digital Marketing Guna Menghadapi Pandemi Covid/19" yang digelar HMPS Akuntansi Syariah UIN Sunan Kalijaga/Ist
03 Juni 2021 11:17 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pandemi Covid 19 yang sudah satu tahun lebih melanda dunia termasuk Indonesia, menuai banyak permasalahan di berbagai sektor termasuk sektor perekonomian.

Para pelaku usaha memutar otak agar dapat mempertahankan usaha mereka di tengah pandemi ini. Di era yang modern ini, para pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk usaha mereka. Namun tak banyak dari mahasiswa yang sudah terjun atau baru merencanakan untuk berwirausaha mengetahui pemahaman dalam mengoptimalkan kreativitas digital marketing sebagai jalan promosi usaha.

Oleh sebab itu, Departemen Enterpreneur HMPS Akuntansi Syariah UIN Sunan Kalijaga tahun amanah 2021 menyelenggarakan Webinar Kewirausahaan yang mengangkat tema “Optimalisasi Creative Digital Marketing Guna Menghadapi Pandemi Covid 19” yang di selenggarakan pada Sabtu, 29 Mei 2021 secara daring melalui Zoom Virtual Meeting .

Acara ini merupakan wadah bagi mahasiswa aktif, alumni serta masyarakat luas untuk dapat bersilaturrahmi dan juga menambah ilmu pengetahuan mengenai kewirausahaan agar dapat mengembangkan bisnis yang mampu bersaing serta meningkatkan kemampuan untuk mengoptimaslisasi kreativitas digital marketing.

Webinar ini diikuti oleh sekitar 70 peserta baik dari mahasiswa UIN Sunan Kalijaga maupun dari luar dan tercatat dari mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Univesitas Negeri Yogyakarta, UNIDA Gontor, dan beberapa kampus lainnya ikut hadir dalam kegiatan webinar kali ini.

“Ketidakpastian berlangsungnya pandemi hingga kapan, dan perekonomian yang belum kembali normal sudah seharusnya kehidupan manusia terbiasa dengan era yang serba digital atau online karena dampak dari pandemi ini sudah berakibat pada seluruh sendi kehidupan sehingga mau tidak mau aktivitas kehidupan tetap harus berjalan dengan hal- hal yang baru” tutur Muhammad Wahfudin, Ketua HMPS Akuntansi Syariah.

Perubahan strategi bisnis besar-besaran harus dilakukan untuk keberlangsungan bisnis selama pandemi COVID-19. Mau tidak mau kita harus gesit dan berpikir cepat untuk menyesuaikan diri.

Tidak hanya produk, pemasaran, dan promosi, kepemimpinan, dan kondisi organisasi juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Digital marketing merupakan strategi yang tepat untuk dilakukan oleh para pelaku bisnis, karena selama masa pandemi ini digital marketing telah menarik banyak perhatian bagi masyarakat umum, karena efisien, cepat dan jangkaunnya luas.

“Untuk menjadi negara maju,setidaknya harus ada pelaku usaha atau entrepreneur. Menurut data setidaknya ada pelaku usaha minimal 2%, ada juga yang memeberikan presentase 7%, bahkan menurut presiden Jokowi memberikan presentase 12% dari warga negara dan saya harap nantinya ada dari peserta webinar hari ini yang bakal menjadi bagian dari presentase tersebut guna mendukung Indonesia untuk menjadi negara yang maju” tutur Dr. Afdawaiza, S.Ag, M.Ag selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Webinar kewirausahaan yang menghadirkan narasumber Elita Barbara selaku pengusaha muda founder dari brand Elita Kerudung yang dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 11.30 WIB ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Diskusi menyajikan penyampaian informasi yang menarik dengan pemateri memulai meceritakan proses pembentukan usahanya yang melalui perjalanan terjal menjadi contoh bagi rekan lainnya, kemudian dilanjutan dengan sesi tanya jawab dan sharing pengalaman sehingga terjadi interaksi yang aktif antara peserta dan pemateri yang ditengahi oleh moderator kak Fitriya Aliyatur Rosidah yang merupakan staff departemen Enterpreneur HMPS Akuntansi Syariah.

Diharapkan nantinya selepas kegiatan yang bermanfaat di akhir pekan ini dapat membangun wawasan, pemahaman, dan kemauan mahasiswa untuk terus aktif berwirausaha dengan meningkatkan usaha melalui pengoptimalisasian digital marketing sebagai kunci pemasaran usaha- usaha yang dikembangkan terkususnya pada usaha yang dikembangkan rekan-rekan mahasiswa.