Geger, Mayat Pria Ditemukan di Panjatan

Ilustrasi. - Antaranews/Ridwan Triatmodjo
20 Juni 2021 01:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, PANJATAN--Warga dusun Panjatan II, Kalurahan Panjatan, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo digegerkan dengan adanya penemuan mayat pria dari sebuah rumah warga pada Sabtu (19/6/2021) sekitar pukul 13.30 WIB. Diduga, kematian korban akibat dari penyakit yang diderita sebelumnya.

Kapolsek Panjatan AKP Harun Dwi Karyanto mengatakan korban meninggal dunia di sebuah rumah tersebut diketahui bernama Suharjanta, 51, warga dusun Panjatan II, Kapanewon Panjatan, Panjatan, Kulonprogo.

BACA JUGA : Sesosok Jenazah Laki-laki Tanpa Identitas Ditemukan

"Kami mendapatkan laporan dari warga. Dari sebuah rumah di dusun Panjatan II, Kalurahan Panjatan, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulonprogo ditemukan seorang laki-laki meninggal dunia dan sudah dalam kondisi membusuk," kata AKP Harun Dwi pada Sabtu (19/6/2021).

Penemuan korban berawal dari kecurigaan warga yang tidak melihat keberadaan korban dalam beberapa hari. Kemudian, dukuh setempat bernama Mujiyani, 45, warga dusun Panjatan II, Kalurahan Panjatan, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo menanyakan keberadaan korban ke tetangganya.

"Saksi yang kebetulan kepala dusun setempat kemudian menanyakan kepada tetangga korban. Tetangga korban juga membenarkan jika ia tidak melihat keberadaan korban dalam beberapa hari," kata Harun Dwi.

Lebih lanjut, tetangga korban akhirnya mengajak kepala dusun untuk mengecek keberadaan korban di rumahnya. Kepala dusun dan tetangga korban sudah berusaha untuk masuk ke dalam rumah korban. Akan tetapi, mereka kesusahan karena posisi pintu dalam keadaan terkunci.

BACA JUGA : Tinggalkan Rumah karena Depresi, Nenek Ditemukan Tewas

"Setelah pintu berhasil dibuka kemudian kepala dusun setempat dan tetangga korban masuk dan mendapati korban berada di ruang keluarga dengan kondisi tergeletak di atas tempat tidur dalam keadaan tubuh mengembung dan mengeluarkan bau busuk," katanya.

Atas penemuan tersebut, akhirnya kepala dusun setempat menghubungi jajaran Polsek Panjatan. Petugas Polsek Panjatan bersama tim INAFIS Polres Kulonprogo dan tim medis Puskesmas Panjatan 1 kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Kondisi jenazah pada saat ditemukan terlentang di kasur ruang keluarga. Posisi korban membujur dengan kepala mengarah ke timur. Jenazah masih mengenakan baju kaos warna putih, dan mengenakan celana pendek. Kondisi jenazah telah mengembung dan mengeluarkan bau," ujarnya.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan berdasarkan keterangan medis yang dilakukan kepada korban, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. Tubuh korban juga ditemukan dalam keadaan melepuh dan meninggal diperkirakan empat sampai lima hari dari hari dimana korban ditemukan.

"Berdasarkan keterangan keluarga, bahwa korban hidup sendiri dirumahnya tanpa istri dan anak. Korban mengidap penyakit diabetes, hernia, dan asma yang sudah dideritanya beberapa tahun sebelumnya. Selanjutnya, korban dibawa ke RSUD Wates untuk dilakukan pemulasaraan. Selanjutnya, diserahkan kepada keluarga untuk segera dimakamkan," kata Jeffry.