Rekrutmen Pegawai di Gunungkidul Didominasi P3K

Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
04 Juli 2021 16:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemkab Gunungkidul mendapatkan kuota pegawai baru sebanyak 1.411 formasi. Jumlah ini didominasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 1.313 orang dan sisanya penerimaan melalui rekrutmen CPNS sebanyak 98 formasi.

Kepala Bidang Formasi dan Data Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul, Reni Linawati mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan kuota berkaitan rekrutmen pegawai baru di lingkup pemkab. Total rekrutmen yang dibuka sebanya 1.411 formasi. Kuota ini terbagi menjadi dua, yakni melalui jalur CPNS dan P3K.

Untuk CPNS dari 500 formasi yang diajukan, pemkab hanya mendapatkan jatah sebanyak 98 lowongan. Sedangkan yang melalui jalur P3K ada sebanyak 1.313 lowongan. “Jumlah untuk P3K masih terbagi lagi. Untuk tenaga pendidik ada 1.258 lowongan dan non-guru ada 55 formasi,” kata Reni kepada wartawan, Minggu (4/7/2021).

Dia menjelaskan, lowongan untuk ASN ini sudah diumumkan melalui laman resmi milik BKPP. Rencananya pendaftaran dilakukan melalui SSCASN mulai 30 Juni hingga 21 Juli mendatang. “Warga yang berminat bisa mendaftar mulai sekarang,” katanya.

Meski dilakukan perekrutan di waktu yang hampir bersamaan, namun BKPP hanya mengurusi seleksi administrasi perekrutan CPNS dan P3K non-guru. Sedangkan P3K guru akan diurusi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Untuk proses perekrutan, sambung Reni, juga ada perbedaan. Untuk CPN ada dua yang harus dilalui, yakni kompetensi dasar dan bidang. Sedangkan untuk P3K melalui proses tes kompetensi dan wawancara.

BACA JUGA: RSUP Dr Sardjito Kehabisan Oksigen, Puluhan Pasien Meninggal Dunia Dalam Waktu 24 Jam

Salah seorang warga Kepek, Kapanewon Wonosari, Yessica Novariaveni mengatakan, sudah mengetahui informasi rekrutmen ASN di lingkup Pemkab Gunungkidul. Berhubung tidak ada lowongan CPNS untuk guru, maka ia akan mencoba peruntungan melalui P3K guru. “Sesuai dengan bidang saya sehingga saya akan mendaftar dalam rekrutmen P3K,” katanya.

Yessi mengaku sudah mulai melakukan persiapan. Salah satunya mempelajari aturan terkait hingga perekrutan hingga masa kerja untuk P3K. “Kalau dilihat dari aturan maka akan dikontrak selama lima tahun,” katanya.