Ada Penyemprotan Disinfektan, Hari Ini Pasar Kotagede Tutup

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
09 Juli 2021 08:27 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA– Kegiatan di Pasar Kotagede libur pada Jumat (9/7/2021) ini untuk kepentingan penyemprotan disinfektan, Penyemprotan ini merupakan kegiatan rutin.

“Iya, betul [apabila Pasar Kotagede libur sehari]. Penyemprotan mulai pukul 08.00 WIB,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwisutono, Kamis (8/7/2021).

Sementara itu, pasar-pasar yang menjual barang-barang non esensial atau selain bahan kebutuhan pokok tutup mulai hari ini, Kamis (8/7/2021). Penutupan terjadi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, atau sampai 20 Juli 2021. Beberapa pasar tersebut di antaranya yaitu Pasar Beringharjo Barat, Pusat Bisnis Beringharjo, Kuncen, Pasthy, dan Sepeda Tunjung Sari.

Kebijakan ini berdasarkan pengamatan kondisi di lapangan. Selain itu, pedagang yang ada di luberan atau sekitar pasar juga akan tutup sementara. “Kami koordinasi dengan mantri pamong praja di wilayah [pasar luberan] karena kewenangannya menjadi domain wilayah,” kata Yunianto. “Dari hasil koordinasi, maka luberan pedagang di luar pasar yang berjualan di jalanan juga ditutup. Yang sudah ditutup luberan di Pasar Kranggan.”

Penutupan juga akan terjadi di luberan pasar seperti Pasar Sentul, Demangan, Kotagede, dan Patangpuluhan. “Penutupan luberan [pasar] merupakan hasil koordinasi dengan kemantren dan satuan polisi pamong praja. Jika ada [yang] melanggar [akan] ditertibkan, engga main-main,” kata Yunianto.

Bagi pasar yang menjual barang kebutuhan pokok menerapkan aturan kapasitas maksimal 50 persen.