Warga Bendung Semin Desak Perbaikan Jalan Rusak

Salah seorang pengendara motor melintas di jalan kabupaten yang rusak di wilayah Kalurahan Bendung, Semin. Jumat (16/7/2021). - David Kurniawan/Harian Jogja.
18 Juli 2021 06:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, SEMIN – Warga Bendung, Kapanewon Semin Gunungkidul berharap jalan kabupaten penghubung dengan Kalurahan Kalitekuk yang rusak bisa diperbaiki. Diharapkan adanya perbaikan bisa memperlancar aktivitas warga sekitar.

Salah seorang warga Bendung, Sunardi mengatakan, kerusakan sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu. Namun demikian, hingga sekarang belum ada tanda-tanda perbaikan.

Menurut dia, kerusakan terjadi hampir sepanjang satu kilometer. Adapun kondisinya selain berlubang juga ada yang bergelombang. “Memang sempat ada yang ditimbun dengan tanah urug, tapi hanya sementara karena tidak menyelesaikan kerusakan yang ada,” katanya, Jumat (16/7/2021).

Sunardi berharap di titik jalur yang rusak bisa dilakukan perbaikan sehingga akses masyarakat kembali lancar. “Memang kondisinya hanya jalan kampung, tapi penting karena tak jauh dari lokasi ada markas Polsek Semin,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Lurah Bendung, Didik Rubiyanto. Menurut dia, jalur yang rusak merupakan penghubung antar kalurahan. Namun demikian, dari sisi status, jalur ini merupakan milik Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. “Memang milik kabupaten karena yang bangun mereka,” katanya.

Didik mengaku tidak memiliki kewenangan untuk perbaikan karena permasalahan status jalan. Ia mengakui, untuk mengantisipasi kecelakaan di sekitar lokasi sudah terpasang papan peringatan berhubungan dengan jalan rusak. “Harapannya bisa segera diperbaiki,” katanya.

Untuk perbaikan ini, Didik juga berharap kepada empat anggota DPRD Gunungkidul yang berasal dari Kapanewon Semin. Ia berpendapat keempat wakil rakyat ini dapat menjaring aspirasi sehingga bisa merealiasikan perbakan jalan rusak tersebut. “Mereka sering lewat sini [jalan rusak]. Jadi, harapannya bisa membantu menyampaikan aspirasi agar kerusakan bisa diperbaiki secepatnya,” katanya.