Mayoritas Warga Bantul Salat Id di Rumah

Ilustrasi - Freepik
20 Juli 2021 15:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Mayoritas penduduk Bantul menunaikan Salat Id peringatan Iduladha 2021 secara mandiri di rumah masing-masing.

Panewu Banguntapan, Fauzan Muarifin, mengatakan kebanyakan menaati surat Edaran Bupati Bantul Abdul Halim Muslih untuk Salat Id di rumah. "Di Banguntapan pelaksanaan Salat Id sudah sesuai dengan apa yang kami arahkan," ujarnya pada Selasa (20/7/2021).

Kendati demikian, Fauzan mengakui masih ada warga yang menggelar Salat Id berjemaah di masjid.

"Memang ada satu dua yang Salat Iduladha di masjid. Cuma mereka tetap menjalankan protokol kesehatan," kata dia.

Kondisi serupa juga terjadi di Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro. Lurah Sidomulyo, Edi Murjito menyebutkan mayoritas warga telah melaksanakan Salat Id dengan ketentuan yang berlaku. 

Namun, Murjito masih menemukan beberapa warga yang menunaikan Salat Id berjemaah di masjid. "Mayoritas mengikuti aturan," kata dia. 

Kondisi ini cenderung berbeda dengan perayaan Idulfitri beberapa waktu lalu. Pada waktu itu Salat Id digelar sesuai zonasi wilayah masing-masing. Rukun tetangga (RT) yang kala itu masuk zona hijau dan kuning diperbolehkan menggelar Salat Idulfitri di lapangan maupun masjid dengan syarat prokes. Sementara kali ini, semua wilayah diminta mengadakan Salat Iduladha di rumah masing-masing dan meniadakan Salat Id di lapangan maupun masjid.