Advertisement

Vaksinasi Sasar 26% Penduduk Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 21 Juli 2021 - 06:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Vaksinasi Sasar 26% Penduduk Gunungkidul Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan program vakinasi Covid-19 di Gunungkidul terus dijalankan. Hingga sekarang capaiannya sudah menyasar 26% penduduk Gunungkidul atau sebanyak 155.066 jiwa.

“Masih terus berjalan. Malahan kami akan lakukan optimalisasi, salah satunya menyasar pelaku wisata,” kata Dewi kemarin.

Advertisement

Meski sudah ada sekitar 26% penduduk Gunungkidul yang telah menerima vaksni. Adapun rinciannya, sebanyak 155.066 jiwa sudah menjalani suntikan vaksin pertama. Sedangkan yang telah benar-benar selesai vaksin dengan menerima suntikan kedua sebanyak 46.800 orang. Dewi menjelaskan, vaksin sudah diberikan kepada tenaga mendis, warga yang bekerja di sektor pelayanan publik, lansia, masyarakat umum hingga masyarakat rentang.

“Vaksin anak sudah diluncurkan juga, tapi sekarang belum menjadi prioritas karena program mengejar untuk warga dewasa ke atas,” katanya.

Baca juga: Ada Banyak Bed Kosong, RS Darurat Covid-19 di Sleman Baru Diisi 5 Pasien

Pemkab menargetkan 70% penduduk Gunungkidul mendapatkan vaksin anti corona. Dewi tidak menampik di awal-awal program ada permasalahan dalam mobilitas warga untuk mendapatkan vaksin. Meski demikian, sekarang bisa lebih lancar karena prosesnya melibatkan pamong kalurahan hingga tokoh masyarakat. “Para pamong hingga panewu diminta menyediakan akses hingga proses vaksinasi bisa lebih mudah,” katanya.

Dia menambahkan, untuk mengurangi risiko kerumunan dalam vaksinasi dibuat kebijakan pelaksanaan dilakukan di setiap dusun. Hal ini sudah berjalan dan terus diupayakan agar target 70% jumlah penduduk tervaksin bisa tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement