Advertisement

Pindah Faskes Lebih Mudah melalui Mobile JKN

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 23 Juli 2021 - 19:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pindah Faskes Lebih Mudah melalui Mobile JKN Muhammad Iqbal memamerkan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan, Jumat (23/7/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Peserta BPJS Kesehatan tak perlu khawatir soal pelayanan kesehatan. Meski tinggal di luar wilayah domisili, mereka tetap bisa memperoleh pelayanan secara maksimal.

Muhammad Iqbal, 22, karyawan swasta yang kini tinggal di Jalan Wates, Km. 4,5 Gamping, Sleman, mengaku sampai saat ini masih tercatat sebagai penduduk Pemalang, Jawa Tengah. Kepesertaan BPJS Kesehatan pun masih berstatus di lokasi tersebut.

Advertisement

"Saya terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan di Pemalang. Kalau ada kebutuhan untuk berobat, saya memanfaatkan layanan mobile JKN [Jaminan Kesehatan Nasional]," kata Iqbal kepada Harian Jogja, Jumat (23/7/2021).

Ia memahami manfaat mobile JKN tersebut. Selain untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan, ia memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengetahui pelayanan BPJS Kesehatan. "Misalnya untuk tetap mendapatkan pelayanan saat di luar kota, apa yang harus dilakukan. Sampai saat ini saya belum pernah berobat ke fasilitas kesehatan. Alhamdulillah tetap sehat," katanya.

Jika suatu saat ia menetap lama di Sleman, maka Iqbal akan memroses kepindahan feskes melalui aplikasi Mobile JKN. Baginya, keberadaan Mobile JKN sangat membantu peserta dalam berbagai hal terkait BPJS Kesehatan.

"Pindah faskes bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Mobile JKN. Syaratnya kepesertaan minimal tiga bulan dan peserta tidak memiliki tunggakan," katanya.

Dengan memanfaatkan layanan ini, Iqbal mengaku tidak waswas dengan pandemi Covid-19. Sebab, pelayanan tidak menimbulkan kontak fisik seperti layanan offline di kantor. "Tidak perlu repot-repot ke Kantor Layanan BPJS Kesehatan. Semua fitur di Mobile JKN ada untuk kebutuhan peserta," katanya.

Ditanya layanan apa yang perlu ditingkatkan oleh BPJS Kesehatan, Iqbal mengatakan sesuai yang keluarga rasakan layanan BPJS Kesehatan sudah baik. Sebab menjadi peserta BPJS Kesehatan selain wajib, juga memberi kemudahan bagi peserta terkait akses kesehatan.

Dia berharap masyarakat yang belum terdaftar program JKN untuk segera mendaftar. Alasannya, selain pengurusannya mudah, pelayanan juga tidak mengecewakan. "Manfaatkan juga layanan Mobile JKN saat pandemi Covid-19 agar tetap aman," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Es Krim Magnum Ditarik karena Mengandung Plastik dan Logam, Ini Kata BPOM

News
| Rabu, 24 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement