Nasdem DIY Siapkan 4 Ambulans untuk Penanganan Covid-19

Ketua DPW NasDem DIY Subardi saat menyaksikan keempat mobil ambulans yang akan dikerahkan untuk membantu penanggulangan Covid-19 di DIY, Selasa (27/7/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak.
28 Juli 2021 07:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Sebanyak empat unit mobil ambulans dikerahkan DPW NasDem DIY untuk menjalankan misi kemanusiaan di masa pandemi. Mobil Ambulans ini akan membantu penanganan Covid bekerja sama dengan relawan dan Satuan Tugas Covid-19 di lima kabupaten kota se-DIY.

Ketua DPW NasDem DIY Subardi mengatakan keempat mobil ambulans yang dikerahkan dua di antaranya merupakan bantuan dari DPP NasDem di Jakarta. Kedua ambulan tersebut baru Senin (26/7/2021) malam tiba di Jogja. Dari empat ambulans yang dikerahkan, salah satunya merupakan mobil jenazah.

BACA JUGA : Nomor Telepon Ambulans di Gunungkidul

"Keberadaan mobil darurat ini akan memudahkan masyarakat yang butuh layanan gawat darurat. Semuanya langsung kami operasikan mulai hari ini," kata Subardi usai melepas secara resmi keempat kendaraan darurat itu di halaman kantor Subardi Center, Papringan, Sleman, Selasa (27/7/2021).

Ambulans tersebut, lanjutnya akan dikelola secara mandiri oleh DPW NasDem dan dapat digunakan oleh masyarakat umum. Menurut Subardi, banyak kasus warga terpapar Covid yang terpaksa di bawa ke Rumah Sakit saat kondisinya sudah memburuk. Saat situasi genting seperti itu, masyarakat seringkali kesulitan mengakses Ambulans.

“Saya berharap penanganan pasien terutama saat ini pasien Covid-19 lebih cepat tertolong. Pasien yang kondisinya memburuk, dengan bantuan ambulans bisa lebih cepat dirujuk ke RS,” terang Anggota Komisi VI DPR RI itu.

BACA JUGA : Nomor Telepon Ambulans di Kota Jogja

Operasional keempat unit Ambulans sepenuhnya dikelola oleh Partai NasDem. Subardi mengatakan, NasDem secara struktural juga memiliki tim rescue, sehingga layanan gawat darurat menggunakan Ambulans ini akan lebih efektif.

“Kami ingin masyarakat tak lagi kesulitan mencari Ambulans, apalagi kami memiliki tim rescue. Siapapun bisa memanfaatkan mobil ini tanpa bayar sepeserpun. Mobil ini standby di kantor DPD, Rumah Aspirasi saya, dan kantor DPW,” katanya.

Selain bantuan Ambulans, Subardi beserta Anggota DPRD F-NasDem se-Yogyakarta dan kader maupun pengurus NasDem juga membantu penanganan Covid. Bantuan ini meliputi penyaluran bantuan bahan pangan, bantuan masker dan penyemprotan disinfektan.