Vaksinasi Pelajar Bisa Dilakukan di Sekolah Masing-masing

Vaksinasi pelajar SMP dan SMA Budi Utama, Sinduadi, Mlati, Sleman, Rabu (14/7/2021)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi
28 Juli 2021 08:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Sebanyak 16.080 pelajar yang duduk di bangku SMA maupun SMK di kabupaten Kulonprogo menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 yang nantinya dilakukan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo. Vaksinasi kepada pelajar rencananya dilaksanakan pada Agustus 2021.

Kepala Seksi Pelayanan Balai Dikmen Kulonprogo, Suharyanto, mengatakan sebanyak 16.080 pelajar yang didapuk sebagai calon penerima vaksin Covid-19 tersebut terdiri dari 5.002 siswa SMA dan 11.078 siswa SMK.

BACA JUGA : Kota Jogja Gencarkan Vaksinasi untuk Pelajar

"Pelaksanaannya [Vaksinasi Covid-19] menyasar siswa kelas XII, XI kemudian X. Berdasarkan catatan dari kami, respons siswa terkait dengan adanya program vaksinasi Covid-19 ini bagus ya. Mereka juga mendukung kegiatan [vaksinasi Covid-19] tersebut," kata Suharyanto pada Selasa (27/7/2021).

Upaya vaksinasi Covid-19 kepada puluhan ribu pelajar SMA maupun SMK juga sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo. Hasilnya, Balai Dikmen Kabupaten Kulonprogo nantinya akan melakukan pendataan ke tiap-tiap sekolah.

"Kami nantinya akan menyiapkan data siswa. Kami juga siapkan form screening yang nantinya akan diisi oleh masing-masing siswa satu hari sebelum pelaksanaan vaksinasi. Kami menargetkan upaya vaksinasi kepada pelajar SMA maupun SMK dilakukan pada Agustus 2021 mendatang," kata Suharyanto.

Pelaksanan vaksinasi Covid-19 kepada pelajar SMA maupun SMK di kabupaten Kulonprogo nantinya akan dilakukan di Puskesmas yang berada di masing-masing sekolah. Dalam kurun waktu satu hari, vaksinasi rencananya dilaksanakan kepada 100 sampai dengan 150 siswa.

BACA JUGA : Siap-siap, 16.080 Pelajar SMA/SMK di Kulonprogo Bakal Jadi

"Nantinya kita akan bagi ya. Tiap puskesmas melakukan vaksinasi kepada 50 siswa per dua jamnya agar tidak terjadi kerumunan. Selain itu, petugas vaksinasi Covid-19 kan terbatas ya jumlahnya. Dala pelaksanaannya, kami minta pelajar untuk mematuhi Protokol Covid-19," ujar Suharyanto.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan upaya vaksinasi kepada sejumlah pelajar SMA maupun SMK di kabupaten Kulonprogo sebenarnya bisa dilakukan di masing-masing sekolah.

"Sekolah yang rencananya melaksanakan kegiatan vaksinasi harus memenuhi sejumlah syarat. Di antaranya, lokasi yang luas dan tempat khusus observasi pasca imunisasi agar tidak terjadi kerumunan," kata Baning.