Siap-siap, 16.080 Pelajar SMA/SMK di Kulonprogo Bakal Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
27 Juli 2021 16:17 WIB Yosef Leon Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Sebanyak 16.080 pelajar yang duduk di bangku SMA maupun SMK di kabupaten Kulonprogo menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 yang nantinya dilakukan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo. Vaksinasi kepada pelajar rencananya dilaksanakan pada Agustus 2021.

Kepala Seksi Pelayanan Balai Dikmen Kulonprogo, Suharyanto, mengatakan sebanyak 16.080 pelajar yang didapuk sebagai calon penerima vaksin Covid-19 tersebut terdiri dari 5.002 siswa SMA dan 11.078 siswa SMK.

"Pelaksanaannya (Vaksinasi Covid-19) menyasar siswa kelas XII, XI kemudian X. Berdasarkan catatan dari kami, respons siswa terkait dengan adanya program vaksinasi Covid-19 ini bagus ya. Mereka juga mendukung kegiatan (vaksinasi Covid-19) tersebut," kata Suharyanto pada Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Desa di Bantul Harus Anggarkan Minimal 8% untuk Covid-19, Termasuk Bansos Warga Terdampak

Upaya vaksinasi Covid-19 kepada puluhan ribu pelajar SMA maupun SMK juga sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo. Hasilnya, Balai Dikmen Kabupaten Kulonprogo nantinya akan melakukan pendataan ke tiap-tiap sekolah.

"Kami nantinya akan menyiapkan data siswa. Kami juga siapkan form screening yang nantinya akan diisi oleh masing-masing siswa satu hari sebelum pelaksanaan vaksinasi. Kami menargetkan upaya vaksinasi kepada pelajar SMA maupun SMK dilakukan pada Agustus 2021 mendatang," kata Suharyanto.

Pelaksanan vaksinasi Covid-19 kepada pelajar SMA maupun SMK di kabupaten Kulonprogo nantinya akan dilakukan di Puskesmas yang berada di masing-masing sekolah. Dalam kurun waktu satu hari, vaksinasi rencananya dilaksanakan kepada 100 sampai dengan 150 siswa.

Baca juga: Walikota Jogja Targetkan Seluruh Warga Jogja yang Penuhi Syarat Tervaksin pada 17 Agustus

"Nantinya kita akan bagi ya. Tiap puskesmas melakukan vaksinasi kepada 50 siswa per dua jamnya agar tidak terjadi kerumunan. Selain itu, petugas vaksinasi Covid-19 kan terbatas ya jumlahnya. Dala pelaksanaannya, kami minta pelajar untuk mematuhi Protokol Covid-19," ujar Suharyanto.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan upaya vaksinasi kepada sejumlah pelajar SMA maupun SMK di kabupaten Kulonprogo sebenarnya bisa dilakukan di masing-masing sekolah.

"Sekolah yang rencananya melaksanakan kegiatan vaksinasi harus memenuhi sejumlah syarat. Di antaranya, lokasi yang luas dan tempat khusus observasi pasca imunisasi agar tidak terjadi kerumunan," kata Baning.