Advertisement

Begini Strategi Pemda DIY Genjot Kesembuhan Pasien Covid-19

Ujang Hasanudin
Kamis, 29 Juli 2021 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Begini Strategi Pemda DIY Genjot Kesembuhan Pasien Covid-19 Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pemda DIY berupaya terus menggenjot angka kesembuhan dari Covid-19, salah satunya dengan memaksimalkan pemantauan pasien, terutama pasien yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumah.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan angka kesembuhan yang terdata dan dipublikasikan selama ini adalah pasien yang terpantau melalui puskesmas-puskesmas. Sementara yang tidak terlaporkan diduga masih cukup banyak.

Advertisement

Karena itu pihaknya akan terus memantau pasien yang bergejala sedang dan berat untuk dibawa ke selter dan rumah sakit untuk mempercepat kesembuhan atau tidak terjadi perberatan dari kondisi sakitnya, “Makanya kita sekarang yang belum sampai parah sakitnya bisa masuk ke rumah sakit,” kata Baskara Aji di Kepatihan, Kamis (29/7/2021).

BACA JUGA: Penipu Mengaku Bagian dari KPK Berkeliaran

Untuk menyiasati keterbatasan bed di rumah sakit pihaknya menerapkan sistem lukir, artinya pasien di rumah sakit yang bergejala sedang dan berat ketika sudah tidak bergejala dan belum dinyatakan sembuh akan dipindah ke selter. Sementara rumah sakit dikhususnya untuk yang bergejala sedang dan berat.

Kondisi tersebut sudah dilakukan di beberapa rumah sakit, “Misalnya di Rumah Sakit Akademik [UGM], pasien yang hampir sembuh [sudah tidak bergejala] dipindah ke selter University Club, kemudian yang di RSA dimasuki pasien baru,” ujar Baskara Aji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement