Capaian Vaksinasi Remaja Bantul Masih Rendah

Vaksinasi pelajar SMP dan SMA Budi Utama, Sinduadi, Mlati, Sleman, Rabu (14/7/2021)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi
02 Agustus 2021 18:07 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Capaian vaksinasi pada kalangan remaja di Bantul saat ini terbilang sangat rendah. Pasalnya beberapa kategori lain masih menjadi prioritas utama sasaran vaksinasi.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul, Abednego Dani Nugroho pada Senin (2/8/2021) menyampaikan kecilnya capaian vaksinasi pada kalangan remaja dimungkinkan karena jumlah pendaftaran yang rendah. "Mungkin karena masih sedikit yang daftar," tegasnya.

Berdasarkan data 31 Juli 2021 dari 72.145 remaja baru 714 orang yang divaksin pada dosis satu. Jumlah tersebut setara 0,99 persen dari total sasaran. Sementara baru 12 remaja yang menjalani vaksinasi tahap kedua atau setara 0.02 persen.

Baca juga: Ini Perkembangan Kapasitas Bed RS untuk Pasien Covid-19 di Kota Jogja

Di sisi lain Abed menjelaskan bila saat ini prioritas vaksin memang tengah menyasar kategori lain. "Lagipula prioritas kan jalan. Jadi untuk lansia pra lansia dan masyarakat rentan masih utama," terangnya.

Untuk mempercepat capaian vaksinasi sasaran prioritas, Abed telah menjalankam strategi yang sebelumnya sudah dilakukan. "Upaya [percepatan] jemput bola seperti yang sudah-sudah," pungkasnya.