Advertisement

85 Hektare Siap Digarap untuk Pengembangan Airport City di YIA

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 02 Agustus 2021 - 05:27 WIB
Sunartono
85 Hektare Siap Digarap untuk Pengembangan Airport City di YIA Suasana gerbang Bandara YIA yang berada di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulonprogo. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, TEMON--PT Angkasa Pura Properti mengundang calon mitra strategis, baik nasional maupun internasional, untuk mengikuti seleksi mitra pendayagunaan lahan Bandara Yogyakarta International Airport Internasional (YIA) di Kulonprogo. PT Angkasa Pura Properti merupakan salah satu anak perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan lahan seluas 85 hektar yang berada di Bandara YIA akan dikembangkan menjadi airport city. Lokasinya terletak di area depan kawasan bandara yang merupakan akses utama menuju terminal keberangkatan dan kedatangan.

Advertisement

BACA JUGA : Lahan 85 Hektare di YIA Akan Jadi Airport City untuk Wisata

"Seiring dengan strategi perluasan portofolio bisnis perusahaan pada 2021 ini, PT Angkasa Pura I melakukan optimalisasi utilisasi aset atau lahan menjadi destinasi yang dapat mendatangkan potensi pendapatan baru. Salah satunya adalah dengan mengembangkan lahan Bandara YIA di Kulonprogo menjadi airport city," kata Faik Fahmi pada Sabtu (31/7/2021).

Pengembangan di Bandara YIA, kata Faik Fahmi, dilakukan dengan mendorong peran anak perusahaan, yaitu Angkasa Pura Properti, sebagai ujung tombak pengembangan kawasan airport city YIA yang dapat bersinergi dengan mitra-mitra potensial.

"Saat ini, terdapat beberapa pilihan akses dan jenis transportasi untuk menuju YIA. Bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi dari Stasiun Yogyakarta, terdapat dua rute yang dapat dilalui yaitu via Wates dan via Bantul dengan waktu tempuh sekitar 60 menit," ujar Faik Fahmi.

Selain menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum melalui jalan raya, dalam waktu dekat juga akan tersedia fasilitas kereta api (KA) Bandara YIA yang terhubung langsung dengan terminal penumpang YIA.

BACA JUGA : Warga Kulonprogo Diminta Siap Hadapi Dampak Sosial

"Dengan menggunakan KA Bandara, waktu tempuh dari Stasiun Yogyakarta menjadi lebih singkat yaitu sekitar 30 menit saja. KA Bandara YIA direncanakan akan beroperasi pada 17 Agustus 2021 mendatang," kata Faik Fahmi.

Lebih lanjut, saat ini juga sedang dibangun akses tol yang akan menghubungkan Yogyakarta langsung dengan YIA. Sehingga, nantinya waktu tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau umum menjadi sekitar 45 menit. Jalan tol tersebut ditargetkan akan beroperasi pada kuartal III tahun 2023 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement