Advertisement

KPU Bantul Gelar Pemilos Serentak SMP-SMA secara Daring

Jumali
Jum'at, 06 Agustus 2021 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
KPU Bantul Gelar Pemilos Serentak SMP-SMA secara Daring Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul bersama Badan Kesbangpol dan Dinas Komunikasi dan Informatika Bantul menyiapkan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) serentak 2021 untuk SMP dan SMA secara daring, Oktober mendatang. Diharapkan keberadaan Pemilos akan mampu menjadi sarana edukasi pemilihan kepada pemilih pemula.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka Pemilos digelar secara daring. Meskipun dilaksanakan secara daring pelaksanaan Pemilos tetap menjunjung asas langsung, umum, bebas, rahasia dan adil.

Advertisement

Untuk mengoordinasikan kegiatan ini, Didik mengaku KPU telah melakukan pertemuan dengan Badan Kesbangpol, Dinas Kominfo, Dinas Dikpora, Dinas Dukcapil, Kantor Kemenag Bantul, Balai Dikmen Bantul serta perwakilan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Kab. Bantul, Rabu (4/8/2021).

“Untuk pelaksanaan Pemilos secara daring ini rencananya akan menggunakan aplikasi pemilihan secara online yang disiapkan oleh Dinas Kominfo Bantul,” kata Didik, Kamis (5/8/2021).

Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bantul, Musnif Istiqomah menambahkan Pemilos Serentak Tahun 2021 ini direncanakan akan diikuti oleh 80 sekolah jenjang SMA/MA/SMA dan 113 sekolah jenjang SMP/MTS se- Kab. Bantul.

Baca juga: CPNS DIY, Penyuluh Kehutanan Sepi Peminat

Pelaksanaan pemilos serentak untuk jenjang SMA/MA/SMK akan dilaksanakan tanggal 13 Oktober 2021, sedangkan untuk pemilos serentak untuk SMP/MTS akan dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2021.

“Launching pemilos serentak daring ini direncanakan akan dilaksanakan secara virtual oleh Bupati serta Forkompimda Bantul,” katanya.

Adapun tahapan yang akan dilaksanakan dalam Pemilos ini dimulai dari pembentukan penyelenggara Pemilos di masing-masing sekolah, tahapan pemutakhiran data pemilih, tahapan penjaringan calon Ketua OSIS, tahapan kampanye, pengenalan visi,misi dan program. “Selain itu ada tahapan pemungutan dan penghitungan suara, dan tahapan penetapan calon terpilih,” lanjutnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bantul, Fenty Yusdayati mengaku mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pemilos serentak Tahun 2021 secara daring. Pihaknya saat ini sedang menyiapkan aplikasi yang nanti akan digunakan oleh para siswa sebagai pemilih.

“Nantinya di masing-masing sekolah akan kami pastikan dulu ketersedian jaringan internet mengingat waktu pelaksanaan Pemilos yang bersamaan se-Bantul. Selain itu dimasing-masing sekolah akan dipersiapkan petugas khusus yang akan memegang admin pelaksanaan Pemilos,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement