Sleman Targetkan 15.000 Warga Divaksinasi Setiap Hari 

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk pedagang Pasar Tempel, Selasa (29/6/2021). - Ist/dok
07 Agustus 2021 09:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 hingga empat kali lipat.

Luhut mengatakan jika saat ini jumkah vaksinasi 2.700 per hari, maka ia meminta Pemkab menaikkan target hingga 15.000 sasaran per hari. Dengan meningkatkan target vaksinasi itu, ia berharap capaian vaksinasi secara keseluruhan juga dapat meningkat.

"Kami mau vaksinasi di Sleman mencapai 85 sampai 90 persen sampai September nanti, mungkin malah 100 persen," katanya seusai mengunjungi kegiatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil, Disabilitas dan Pelajar di Pemkab Sleman, Jumat (6/8/2021).

Luhut memastikan stok vaksin tidak ada masalah. Sebab, dalam waktu dekat pemerintah akan menerima 70 juta dosis vaksin sehingga target vaksinasi bisa tercapai. 

Menurutnya, Corona varian Delta bisa dikontrol salah satunya jika jumlah masyarakat yang sudah divaksin mencapai 70-75%. "Presiden sudah memerintahkan kami, bulan ini dan bulan depan, rata-rata 70 juta lebih per bulan akan disuntikan. Jadi Jawa dan Bali per hari hampir 2,3 juta orang harus disuntik," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengaku siap menaikkan target peserta vaksinasi. Kenaikan target tersebut, katanya, sejalan dengan rangkaian percepatan vaksinasi yang ditargetkan Pemkab Sleman. "Kami menargetkan akhir tahun ini 70 persen warga divaksin," ungkap Kustini.

Selain meningkatkan target peserta, fasilitas layanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi juga akan diperkuat. Saat ini 25 puskesmas yang ada di Sleman setiap harinya menyelenggarakan vaksin lebih dari 200 dosis.

Pemkab juga berencana melibatkan mahasiswa kedokteran sebagai tenaga vaksinator tambahan. Dengan sejumlah rencana tersebut, Kustini yakin target vaksinasi akan dapat segera dicapai. Apalagi cangkupan vaksinasi di Sleman saat ini mencapai 39,7%. Untuk dosis pertama disuntikkan sebanyak 352.987 (40,2%) dan dosis kedua mencapai 144.491 (16,4%).

Sementara Sekda Sleman Harda Kiswaya mengatakan Pemkab baru menata agar target vaksinasi 15.000 sasaran bisa tercapai. Semua komponen akan disiapkan, dijadwalkan dan disasar meskipun hari libur. Bulan ini, katanya, pemerintah pusat akan mengirim stok vaksin lagi sesuai kemampuan daerah memberikan vaksin. 

"Kami optimistis bisa menvaksin 15.000 sasaran perhari. Kami memiliki 1.153 vaksinator dan jumlahnya bisa bertambah. Sepanjang vaksinnya ada ya kami siap," katanya.