Revitalisasi Jalur Pedestrian Sudirman Jogja Berlanjut, Puluhan PKL Direlokasi

Jalan Sam Ratulangi, Terban, Gondokusuman yang rencananya bakal dijadikan tempat relokasi PKL terdampak revitalisasi pedestrian Sudirman, Selasa (24/8/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon
24 Agustus 2021 18:07 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Jogja kembali melanjutkan proyek revitalisasi jalur pedestrian Sudirman. Proyek lanjutan itu bakal rampung pada akhir tahun nanti.

Kepala DPUPKP Kota Jogja Hari Setyawacana mengungkapkan pembangunan revitalisasi itu telah dimulai sejak pertengahan Agustus lalu. Saat ini pembangunan baru menyasar pada penataan tanaman dan pembongkaran blok beton lama.

BACA JUGA: Diduga Ambil Uang Ganti Rugi JJLS, Lurah Karangawen Gunungkidul Buron

"Pembangunan jalur pedestrian dimulai dari Simpang Empat Galeria Mall sampai ke simpang tiga Bank BCA dan ditargetkan rampung pada Desember 2021 nanti," katanya, Sabtu (21/8/2021).

Sejumlah pedagang kaki lima yang berada kawasan itu akan direlolasi ke tempat yang telah disiapkan yakni di Jalan Sam Ratulangi, Terban.  

Sedikitnya ada 46 pedagang yang biasa berjualan di lokasi itu. Mereka tergabung dalam Koperasi Persatuan Pedagang Kaki Lima-Yogyakarta (KPPKLY)

Ketua KPPKLY Wawan Suhendra mengatakan sejumlah pedagang telah berkoordinasi dengan kemantren dan juga dinas terkait. Namun, tempat baru bagi pedagang itu disebut dia kurang representatif dan tidak cukup menampung seluruh pedagang.

"Sementara yang disiapkan dari dinas hanya 50 meter. Tentu tidak cukup untuk menampung 46 orang," ujar Wawan.

Ia menjelaskan, rencananya pemindahan PKL dilakukan setelah tempat di Jalan Sam Ratulangi tertata rapi. Selain itu dari sosialisasi yang dilakukan Pemkot bersama PKL, pembangunan pedestrian Sudirman juga menyasar sisi utara terlebih dulu.

Namun tiba-tiba, pembangunan pedestrian dilakukan di dua sisi pedestrian secara bersamaan. "Kemarin saya juga kaget laporan dari teman-teman PKL kok sudah dibangun saja yang pedestrian sebelah selatan. Awalnya kan sisi utara dulu dan menunggu tempat baru di Jalan Sam Ratulangi selesai dibangun," katanya.

Camat Gondokusuman, Guritno, menyebut karena luas area yang terbatas, sejumlah PKL bakal direlokasi di dua tempat yakni  Jalan Wahidin dan juga Jalan Sam Ratulangi. Pembagian lokasi akan dikoordinasikan dengan para PKL maupun DPUPKP.

"Kalau untuk yang Jalan Sam Ratulangi, itu yang di sebelah timur pintu masuk ke perumahan Bethesda ke selatan, kemudian pintu perumahan ke utara itu tidak. Terus yang sisi barat hanya pintu keluar BCA ke utara sampai sebelum pintu masuk perumahan BI, nantinya direlokasi ke sana," katanya.

BACA JUGA: Ini Penyebab DIY Masih Masuk PPKM Level 4

Saat ini, proses relokasi masih dalam tahap pembangunan. DPUPKP bersama kemantren tengah menyiapkan tempat relokasi agar layak dan representatif bagi para PKL. Pada Jalan Sam Ratulangi dan Jalan Wahidin, pembenahan dilakukan dengan menyempitkan area taman dan memperluas area trotoar.

"Sementara satu bulan ini pengerjaan akan dikebut agar cepat selesai dan PKL bisa segera relokasi. Kalau tidak salah ada sekitar 10 atau 9 PKL yang akan menempati sisi timur dan yang sisi barat 8 PKL. Ini termasuk komitmen kami dalam upaya penataan juga," kata Guritno.