Advertisement

Bangkitkan Sektor Pariwisata, PHRI Gandeng TNI Percepat Vaksinasi

Yudhi Kusdiyanto
Selasa, 24 Agustus 2021 - 23:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Bangkitkan Sektor Pariwisata, PHRI Gandeng TNI Percepat Vaksinasi Kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar di Sleman City Hall, Selasa (24/8/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Untuk membangkitkan sektor industri pariwisata yang terpuruk akibat pandemi Covid-19, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sleman berkolaborasi dengan TNI dan Dinas kesehatan (Dinkes) Sleman TNI menggelar vaksinasi Covid-19 di Sleman City Hall (SCH), Selasa (24/8/2021).

Ketua PHRI Sleman, Joko Paromo mengatakan vaksinasi Covid-19 yang digelar bertujuan untuk mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok yang sangat penting untuk mengendalikan persebaran virus Corona. Jika kekebalan kelompok bisa segera tercapai, diharapkan sektor pariwisata bisa segera bergerak. "Program ini digelar dua hari, Selasa dan Rabu [24-25/8/2021] di Sleman City Hall dengan target 3.000 peserta," kata Joko, Selasa.

Advertisement

Dijelaskan Joko, lebih dari setahun DIY masih bergumul dengan persebaran virus Corona. Praktis, sebagai kota budaya dan pariwisata, DIY menjadi daerah yang sangat terdampak pandemi. Beberapa industri khususnya pariwisata, menurut Joko, sangat merasakan dampak kebijakan PPKM yang digelar pemerintah. Bahkan, banyak usaha pariwisata yang gulung tikar karena tidak mampu lagi melanjutkan usahanya, atau bahkan sudah menjual asetnya untuk menutupi berbagai biaya.

"Sektor perhotelan, restoran dan tempat wisata hingga kini masih belum berjalan normal. Pekerja mendapatkan upah sesuai dengan hari kerja yang telah disepakati atau ada juga yang dirumahkan," katanya.

Oleh karena itu, vaksinasi yang digelar PHRI Sleman bersama Korem 072 Pamungkas, Kodim 0732/Sleman, Dinkes Sleman, BPD PHRI DIY, DPD Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Jogja, DPD Indonesian General Hotel Manager (IHGM) Jogja dan Manajemen Sleman City Hall ini diharapkan mampu mempercepat capaian vaksinasi.

Penerapan Prokes

Ketua BPD PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan vaksinasi masal bagi pekerja pariwisata dan masyarakat umum ini merupakan bagian dari semangat agar herd immunity segera terbentuk dan pariwisata segera bangkit.

"Kami berharap percepatan vaksinasi ini dapat diikuti dengan semangat warga untuk mengikuti vaksinasi, sekaligus mematuhi protokol kesehatan [prokes] pencegahan Corona, sehingga semua bisa bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19," kata Deddy didampingi Ketua DPD IHGMA Jogja, Herryadi Baiin dan Ketua IHGM Jogja, Agus Budiono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Mataram dan Bali, Warga Berhamburan

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement