Bangkitkan Sektor Pariwisata, PHRI Gandeng TNI Percepat Vaksinasi

Kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar di Sleman City Hall, Selasa (24/8/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
24 Agustus 2021 23:12 WIB Yudhi Kusdiyanto Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Untuk membangkitkan sektor industri pariwisata yang terpuruk akibat pandemi Covid-19, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sleman berkolaborasi dengan TNI dan Dinas kesehatan (Dinkes) Sleman TNI menggelar vaksinasi Covid-19 di Sleman City Hall (SCH), Selasa (24/8/2021).

Ketua PHRI Sleman, Joko Paromo mengatakan vaksinasi Covid-19 yang digelar bertujuan untuk mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok yang sangat penting untuk mengendalikan persebaran virus Corona. Jika kekebalan kelompok bisa segera tercapai, diharapkan sektor pariwisata bisa segera bergerak. "Program ini digelar dua hari, Selasa dan Rabu [24-25/8/2021] di Sleman City Hall dengan target 3.000 peserta," kata Joko, Selasa.

Dijelaskan Joko, lebih dari setahun DIY masih bergumul dengan persebaran virus Corona. Praktis, sebagai kota budaya dan pariwisata, DIY menjadi daerah yang sangat terdampak pandemi. Beberapa industri khususnya pariwisata, menurut Joko, sangat merasakan dampak kebijakan PPKM yang digelar pemerintah. Bahkan, banyak usaha pariwisata yang gulung tikar karena tidak mampu lagi melanjutkan usahanya, atau bahkan sudah menjual asetnya untuk menutupi berbagai biaya.

"Sektor perhotelan, restoran dan tempat wisata hingga kini masih belum berjalan normal. Pekerja mendapatkan upah sesuai dengan hari kerja yang telah disepakati atau ada juga yang dirumahkan," katanya.

Oleh karena itu, vaksinasi yang digelar PHRI Sleman bersama Korem 072 Pamungkas, Kodim 0732/Sleman, Dinkes Sleman, BPD PHRI DIY, DPD Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Jogja, DPD Indonesian General Hotel Manager (IHGM) Jogja dan Manajemen Sleman City Hall ini diharapkan mampu mempercepat capaian vaksinasi.

Penerapan Prokes

Ketua BPD PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan vaksinasi masal bagi pekerja pariwisata dan masyarakat umum ini merupakan bagian dari semangat agar herd immunity segera terbentuk dan pariwisata segera bangkit.

"Kami berharap percepatan vaksinasi ini dapat diikuti dengan semangat warga untuk mengikuti vaksinasi, sekaligus mematuhi protokol kesehatan [prokes] pencegahan Corona, sehingga semua bisa bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19," kata Deddy didampingi Ketua DPD IHGMA Jogja, Herryadi Baiin dan Ketua IHGM Jogja, Agus Budiono.