CPNS Diterjunkan untuk Percepat Vaksinasi

Ilustrasi. - Freepik
24 Agustus 2021 09:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah kabupaten Kulonprogo diminta untuk turun tangan membantu tenaga kesehatan (nakes) dalam program vaksinasi yang dilaksanakan selama dua hari pada Sabtu (21/7/2021) dan Minggu (22/8/2021) di Taman Budaya Kulonprogo (TBK). Upaya tersebut salah satu bentuk dukungan Pemkab Kulonprogo mengenai percepatan program vaksinasi.

Kepala Bidang Perencanaan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulonprogo, Raden Trusta Hendraswara mengatakan pelaksanaan kegiatan tersebut juga merupakan salah satu bentuk realiasasi dari imbauan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Tjahjo Kumolo.

BACA JUGA : Sentra Vaksinasi Covid-19 di Jogja Bertambah, Ini Lokasinya

"Bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini juga harus berperan aktif di masyarakat untuk melangsungkan program dan melakukan percepatan penanganan Covid-19, salah satunya adalah menjadi relawan vaksinasi Covid-19," kata Raden Trusta pada Senin (23/8/2021).

Pelaksanaan program ini berdasarkan dari surat perintah tugas BKPP Kulonprogo nomor 800/0624 yang memerintahkan kepada seluruh CPNS di Kabupaten Kulonprogo untuk melaksanakan tugas sebagai relawan petugas screening vaksinasi massal. Program vaksinasi ini ditargetkan dalam sehari dapat mencapai target 3.000 dosis suntikan sehingga ditargetkan dalam 2 hari dapat mencapai 6000 dosis suntikan vaksin.

"Pembagian pelaksanaan vaksinasi di TBK dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (21/22). Untuk jumlah CPNS yang diperbantukan pada Sabtu itu ada 40 orang yang membackup, kemudian pada Minggu itu ada 34 orang,” sambung Raden Trusta.

Trusta juga menambahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini bersamaan dengan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS 2021 sehingga bagi yang sedang melaksanakan latsar tidak akan dipilih untuk menjadi relawan vaksinasi. Di samping itu, ia menjelaskan bahwa dalam pemilihan relawan vaksinasi pihaknya lebih mengutamakan laki-laki dengan syarat siap dan sehat.

BACA JUGA : Ratusan Transpuan dan Kelompok Rentan di DIY Disuntik Vaksin 

Sementara itu, Nur Akhwan salah satu CPNS sukarelawan tenaga vaksinasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulonprogo menjelaskan tugasnya mencatat data peserta dan membantu mengarahkan peserta sesuai alur vaksinasi.

“Targetnya itu masyarakat umum yang belum tercover vaksinasi agar sebaran vaksinasi bisa menjangkau seluruh masyarakat di Kulonprogo,” kata Nur Akhwan.

Selaku sukarelawan, ia menanggapi bahwa pemberdayaan CPNS sebagai perbantuan vaksinasi ini baik untuk melatih pelayanan langsung dan berhadapan kepada masyarakat.

Adapun, proses pelaksanaan vaksinasi adalah dengan datang ke TBK membawa identitas atau surat domisili lalu mengisi formulir, kemudian screening tensi dan suhu, screening riwayat kesehatan, selanjutnya proses penyuntikan, observasi, dan terakhir adalah pemberian sertifikat vaksin.