Advertisement

Mahasiswa UGM Kembangkan Hiasan Dinding Lumut Hidup

Sunartono
Rabu, 25 Agustus 2021 - 21:47 WIB
Sunartono
Mahasiswa UGM Kembangkan Hiasan Dinding Lumut Hidup Hiasan dinding dari lumut hidup. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sekelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan inovasi hiasan dinding lumut hidup. Selain mengubah nilai lumut, hiasan dinding ini juga diklaim sebagai salah satu interior yang bernilai seni sekaligus sehat.

Hiasan dinding lumut hidup yang diberi nama Moss Wall: Dekorasi Hidup untuk Interior Ruang Sehat ini merupakan karya sejumlah mahasiswa UGM. Terdiri atas Ervin Faristiyanto dari Fakultas Teknik, Hastika Shafira dari Sekolah Vokasi, Agung Setia Adi dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis dan Annisa Indriawati dari Fakultas Biologi. Mereka tergabung dalam pekan kreativitas mahasiswa.

Advertisement

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Ciptakan Koplo, Koper yang Bisa Berjalan

Agung Setia Adi mengatakan pembuatan hiasan dinding lumut hidup berawal dari banyaknya lumut yang tidak dimanfaatkan. Tanaman ini dianggap tidak menarik dan sering menyebabkan lingkungan tampak kotor.

“Padahal, terdapat banyak fungsi dari lumut yang dapat kita manfaatkan seperti sebagai penghasil oksigen, penyeimbang kelembaban udara, hingga penyaring polusi alami. Sehingga kami memanfaatkan lumut dalam kondisi hidup,” kata Agung dalam rilisnya, Rabu (25/8/2021).

Moss Wall ini memiliki ukuran 30 x 42 cm, dengan berat sekitar dua kilogram sehingga hiasan dinding hidup ini sangat mudah untuk dipindahkan pada sisi ruangan yang diinginkan. Hiasan dinding interior berupa karya seni rupa perpaduan antara lumut dan tanaman hidup serta ornamen kayu natural yang akan menambah kesan sejuk dan indah pada ruangan. 

“Meski pun lumut hidup, perawatannya cukup mudah, karena hanya memerlukan tempat yang lembab serta penyiraman air secara rutin sehari sekali dengan menggunakan alat semprot,” ujar Anisa Indriawati.

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Ciptakan Penderes Nira Otomatis

Dosen Sekolah Vokasi UGM Ghifari Yuristiadhi Masyhari Makhasi menilai hiasan dinding lumut hidup tersebut merupakan karya inovatif mahasiswa yang memadukan sejumlah disiplin ilmu, baik dari ekonomi maupun ilmu alam. Hiasan dinding Moss Wall ciptaan tim mahasiswa UGM telah dipasarkan baik secara langsung maupun online.

“Semoga ini memberikan manfaat bagi masyarakat karena seperti lumut hidup itu ada fungsi dan manfaatnya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement