Advertisement

KBS Lewat Youtube dan Zoom Dimaksimalkan saat Pandemi

Sirojul Khafid
Minggu, 29 Agustus 2021 - 06:17 WIB
Sunartono
KBS Lewat Youtube dan Zoom Dimaksimalkan saat Pandemi Digital ilustrasi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, DANUREJAN--Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Jogja mengoptimalkan layanan Konsultasi Belajar Siswa (KBS) Menyapa melalui Youtube dan Zoom. Hal ini agar bisa menjangkau lebih banyak peserta didik serta meningkatkan interaksi antara peserta didik dan pengajar.

Sekretaris Disdikpora Kota Jogja, Dedi Budiono, peminat layanan KBS Menyapa cukup banyak dan terus meningkat. Layanan ini untuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. Peserta didik tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama bisa mengikuti layanan ini.

Advertisement

BACA JUGA : Pemerintah Pusat Minta Daerah Level 1-3 Gelar Sekolah Tatap Muka

KBS Menyapa via Youtube Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jogja berlangsung dari Senin sampai Kamis mulai pukul 13.00 WIB. Peserta didik juga bisa bergabung melalui link Zoom yang sebelumnya sudah diumumkan. Kapasitas yang disediakan maksimal untuk 100 peserta didik. “Sudah disediakan jadwal mata pelajaran dan jenjang sekolah sehingga siswa dapat memilih pelajaran yang ingin diikuti,” kata Dedi, Jumat (27/8/2021).

Kepala Seksi Data dan Sistem Informasi Pendidikan Disdikpora Jogja, Entik Siti Hidayati mengatakan apabila jumlah peserta didik yang mengikuti layanan KBS Menyapa bisa mencapai ratusan setiap harinya. Bahkan menjelang ujian akan meningkat hingga 500 bahkan 700 peserta didik per sesi.

Adapun mata pelajaran yang paling banyak diminati yaitu Matematika. “Sebenarnya seluruh mata pelajaran yang ditayangkan secara live streaming ini banyak peminatnya,” kata Entik. “[Yang mengikuti lewat Youtube], jika ada pertanyaan, bisa disampaikan di kolom komentar. Jadi tetap bisa interaktif,” katanya.

Awalnya, KBS Menyapa streaming melalui studio yang ada di kantor Disdikpora Jogja. Namun karena kondisi pandemi yang meningkat, maka pengajar melalukan siaran melalui Zoom yang kemudian dihubungkan di Youtube.

BACA JUGA : Pembelajaran Tatap Muka di Semarang Resmi Dimulai 30 Agustus

Seiring dengan berjalannya layanan, saat ini KBS Menyapa memperluas tidak hanya membahas mata pelajaran, namun juga bimbingan konseling yang bisa diikuti orang tua peserta didik. “Bisa saling sharing pengalaman mendampingi anak saat belajar di rumah secara daring karena tentunya masih ada kendala-kendala yang dihadapi,” kata Entik.

Meski mengoptimalkan Youtube dan Zoom, KBS online melalui website tetap dibuka dan melayani banyak pertanyaan dari peserta didik setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jerman Bantah Netanyahu yang Menyebut Tak Ada Korban Sipil di Rafah

News
| Sabtu, 27 Juli 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement