Pemda DIY: Hanya Objek Wisata Outdoor Diusulkan Dibuka

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
10 September 2021 19:27 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pemda DIY mengusulkan sekitar 40 destinasi wisata ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mendapatkan surat keputusan (SK) ujicoba pembukaan seiring turunnya level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari level 4 menjadi level 3 di DIY.

“Kita usulkan beberapa destinasi wisata. Ada banyak biar dinilai oleh Kementerian. kisaran 40-an objek wisata yang disusulkan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kamis (9/9/2021).

Jumlah destinasi wisata yang diusulkan untuk ujicoba pembukaan pada PPKM level 3 ini adalah destinasi wisata yang bersifat terbuka atau outdoor dan sudah mengantongi sertifikat CHSE. “Paling tidak CHSE jadi satu persyaratan penting. Kalau belum maka perlu perbaikan sarana dan prasarana, sudah vaksin atau belum pegawainya,” ujar Baskara Aji.

Sekedar diketahui sertifikat CHSE adalah standar yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berbasis Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) untuk para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang mencakup tempat wisata, hotel, restoran, toilet umum, penjualan oleh-oleh dan lainnya.

BACA JUGA: Ini Daftar 11 Situs Streaming Online Terpercaya 

Para pelaku usaha yang memiliki sertifikat itu dianggap telah memenuhi standar protokol kesehatan di tempatnya. Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan sampai akhir 2020 lalu sudah ada 269 destinasi wisata dan sarana pendukung destinasi wisata seperti hotel dan restoran yang sudah mengantongi sertifikat CHSE, namun sebagian besar adalah hotel dan restoran. Kawasan pantai, diakui Singgih belum ada yang mengantongi sertifikat CHSE karena pada 2020 lalu tidak mengajukan, namun menurutnya, kemungkinan menjadi pertimbangan untuk ujicoba beroperasi karena berada di area terbuka.

Baskara Aji mengatakan dari 40 destinasi yang diusulkan untuk ujicoba pembukaan hingga saat ini belum ada satu pun yang disetujui atau dikeluarkan SK-nya dari Kemenparekraf. Dia juga enggan menyebutkan dari 40 destinasi wisata yang disuuslkan itu mana saja, “Tidak usah disebut dulu mana saja, nanti kalau sudah keluar SK-nya,” ucap Baskara Aji.

Pihaknya juga mengakui sebelumnya ada tiga destinasi wsiata yang sempat disebutkan bisa untuk ujicoba pembukaan di masa PPKM level 3 ini. Namun ketiga destinasi wisata tersebut, kata Baskara Aji, juga belum ada yang mendapatkan SK resminya dari Kemenparekraf.

Sebelumnya beredar informasi bahwa tiga destinasi wisata yang diizinkan untuk ujicoba pembukaan adalah Taman Pintar Jogja, Canti Ratu Boko Prambanan Sleman, dan Watu Lumbung Culture Resort Bantul. Namun sejumlah pihak menyayangkan bahkan meminta Kemenparekraf untuk mengevaluasi kembali terutama untuk Watu Lumbung Culture Resort karena belum mengantongi CHSE dan masih perlu perbaikan dari sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan.