Dinkes Optimistis 80 Persen Penduduk Gunungkidul Telah Divaksin pada Akhir Oktober

Siswa mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan di SMP Negeri 2 Wonosari, Kamis (12/8/2021). - Harian Jogja/David Kurniawan
13 September 2021 07:37 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI—Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul optimis target vaksinasi yang sudah ditetapkan tercapai pada Oktober.

Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty menjelaskan untuk capaian vaksinasi dengan sasaran 70% penduduk yaitu 542.226, hingga Sabtu (11/9) saat ini untuk dosis pertama 335,098. Sementara untuk dosis kedua capaiannya 100.097. Jumlah tersebut mencakup SDM kesehatan, petugas publik, lansia, masyarakat umum, dan remaja.

BACA JUGA : Pemda Klaim Vaksinasi di DIY Sudah Tinggi, Ini Angkanya

“Untuk dosis 1 InsyaAllah tutup Oktober bisa 70-80% penduduk selesai,” ujar Dewi, Minggu (12/9/2021).

Dewi tidak memungkiri ada sejumlah kendala dalam kegiatan vaksinasi ini. Seperti, kendala SDM, kendala pada sasaran berkebutuhan khusus seperti difabel dan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), juga lansia. Selain itu masyarakat yang lokasinya jauh dari faskes.

“Untuk strategi mempercepat dan mengatasi kendala itu, memperbanyak vaksinasi massal, dan kolaborasi dengan berbagai pihak,” ujarnya.

BACA JUGA : Bantul Buka Vaksinasi Angkringan dengan Kuota 100 Per Hari 

Saat ini sendiri dinilai Dewi, ketersediaan stok vaksin milik Dinkes, TNI, Polri masih cukup. Ia menghimbau kepada masyarakat jika sudah ada jadwal vaksinasi segera ikut. “Jangan takut vaksin. Vaksin aman, halal dan bermanfaat. Tetap menjaga prokes juga, bagi yang sudah vaksin,” ujarnya.