Dinas Kebudayaan Gelar Vaksinasi untuk 1.000 Pelaku Seni Budaya Jogja

Vaksinasi pelaku seni dan budaya oleh Disbud Jogja di XT-Square Jogja, Selasa (14/9/2021). - Istimewa
14 September 2021 14:07 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY berkolaborasi dengan Disbud Jogja menggelar vaksinasi untuk para pelaku seni budaya. Dari total kapasitas 5.000 peserta se-DIY, tiap kota dan kabupaten mendapat jatah 1.000 peserta. 

Menurut Kepala Disbud Kota Jogja, Yetti Martanti, vaksinasi ini telah dipersiapkan dengan koordinasi yang cukup dengan pihak-pihak terkait. Selain dengan Disbud DIY, penyelenggaraan ini juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Jogja, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Jogja, Satpol PP,  serta XT Square Jogja sebagai tempat vaksinasi. 

“Saya lihat proses pelaksanaan di sini berlangsung dengan baik, begitu pula semua petugas sudah menempatkan diri dan melayani sesuai job desk masing-masing,” kata Yetti saat meninjau vaksinasi di XT- Square, Selasa (14/9/2021). 

Kepala Disbud DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, mengatakan proses vaksinasi di Kota Jogja tergolong lancar. Selain itu, ikon budayanya juga terlihat kuat. "Terlihat ciri khas yang berbeda dengan penyelenggaraan vaksinasi yang dilakukan oleh OPD lain. Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja. Pelaku seni budaya tampaknya juga merasa aman nyaman melakukan vaksinasi disini,” kata Dian. 

Salah satu peserta vaksinasi, Basis Hargito, 76, mengucapkan terima kasih atas kesempatan vaksinasi ini. ”Sebagai pelaku seni, saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah peduli terhadap para pelaku seni budaya. Saya berharap pandemi ini segera selesai sehingga pelaku seni dapat berkarya lagi dengan normal.” kata Hargito yang merupakan seniman srandul dari Kemantren Kotagede. 

Vaksinasi pelaku seni budaya merupakan upaya Pemerintah Kota Jogja dalam mempercepat terciptanya kekebalan komunal. Selain itu, harapannya agar dunia kesenian dan kebudayaan bisa perlahan bangkit.