LBH Jogja Laporkan Teror Molotov ke Polresta

Direktur LBH Jogja, Yogi Zul Fadhli (kiri) melaporkan serangan bom molotov ke Polresta Jogja, Sabtu (18/9/2021) petang. - Harian Jogja/Budi Cahyana
18 September 2021 18:57 WIB Budi Cahyana Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - LBH Jogja melaporkan teror bom molotov ke Polresta Jogja, Sabtu (18/9/2021). Kantor LBH Jogja di Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede, dilempar bom molotov, Sabtu dini hari.

Direktur LBH Jogja, Yogi Zul Fadhli, melaporkan serangan tersebut ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polresta Jogja, Sabtu petang.

Bom molotov merusak kaca depan. Tembok dan atap teras kantor hangus. Saat kejadian, Kantor LBH Jogja kosong. Kerusakan diketahui oleh anggota staf LBH Jogja yang datang sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu api sudah padam.

Malam itu, CCTV di Kantor LBH Jogja tak berfungsi, sehingga pelempar bom molotov tak diketahui.

"Tidak ada orang saat peristiwa itu, tidak ada yang tidur di kantor. Kejadian kami perkirakan kejadian sekitar pukul 01.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB," kata Direktur LBH Jogja, Yogi Zul Fadhli, Sabtu.

"Tidak ada tetangga yang tahu siapa yang melempar."

Api dari bom molotov menghanguskan sebagian teras kantor dan sempat merembet ke dalam. Namun, korden Kantor LBH hanya terbakar sebagian sehingga api padam sebelum menjalar lebih jauh ke seisi ruangan. Di teras yang hangus, tertinggal satu botol bensin.

"Kami belum bisa menduga-duga motif pelemparan ini," kata Yogi.

LBH Jogja selama ini tekun mengadvokasi kelompok masyarakat terpinggirkan. Terakhir, LBH Jogja mendampingi masyarakat Wadas, Purworejo, yang menolak proyek bendungan dan tambang.