Resmikan Gerai Jokteng Karyo, Wamenkumham Berharap Kantor Imigrasi Yogyakarta Raih WBBM

Wakil Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Edward Omar Sharif Hiariej meresmikan gerai Mojok Dateng Mriki Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta yang disingkat Jokteng Karyo, Jumat (17/9/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
18 September 2021 06:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Wakil Mentri Hukum dan HAM (Menkumham) Edward Omar Sharif Hiariej meresmikan gerai Mojok Dateng Mriki Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta yang disingkat Jokteng Karyo, Jumat (17/9/2021). Gerai ini disediakan bagi pengunjung yang mendampingi pengurusan berkas keimigrasian di kantor tersebut.

Kedatangan Eddy disambut dengan yel-yel seluruh pegawai dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Andry Indrady. Setelah itu, Eddy meresmikan gerai Jokteng Karyo yang berlokasi di area halaman kantor imigrasi.

Seusai meresmikan Jokteng Karyo yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, Wamenkumham menyempatkan diri menikmati suguhan berupa minuman digerai tersebut. "Jokteng Karyo merupakan fasilitas ruang tunggu bagi pengguna layanan yang dilengkapi dengan sarana informasi berbasis komputer," kata Andry.

Andry menjelaskan berdasarkan amanat UU No.25/2009 tentang Pelayanan Publik, maka instansinya berinisiatif untuk menciptakan pelayanan yang sangat nyaman dan sesuai dengan standar pelayanan minimal. 

"Ini bentuk penghargaan kami kepada masyarakat. Ruang tersebut juga difungsikan sebagai ruang yang nyaman bagi non-pemohon layanan seperti pengantar atau pendamping," katanya.

Setelah berkeliling kantor dan mengamati layanan di Kantor Imigrasi Yogyakarya, Eddy juga meninjau seluruh area pelayanan mulai dari bagian ruang informasi pemohon WNI dan WNA, ruang pengaduan dan informasi, loket pelayanan ramah HAM, hingga ke ruang foto dan wawancara khusus hijab. 

Eddy berharap Kantor Imigrasi Yogyakarta dapat meraih predikat WBBM pada tahun 2021 ini. Eddy menilai pelayanan publik yang ada di Satker tersebut telah meningkat cukup pesat dan semakin baik. "Di DIY belum ada Satker yang meraih WBBM, semoga diawali dari kantor ini," katanya.

Eddy kemudian menjadi narasumber pada Penguatan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY Budi Argap Situngkir, Kepala Divisi Keimigrasian, Yayan Indriana, Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta, M. Akhyar.