Advertisement

BMKG Perkirakan Musim Hujan DIY Mulai Oktober

Yosef Leon
Kamis, 23 September 2021 - 15:07 WIB
Nina Atmasari
BMKG Perkirakan Musim Hujan DIY Mulai Oktober Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jogja memperkirakan awal musim penghujan akan tiba di wilayah DIY dan sekitarnya pada Oktober mendatang dan mencapai puncaknya pada Januari 2022.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jogja, Reny Kraningtyas mengatakan September yang merupakan musim pancaroba hendaknya diantisipasi berbagai pihak dengan siaga karena rawan bencana.

Advertisement

"Awal musim hujan umumnya pada bulan Oktober dan didahului oleh Kulonprogo utara dan Sleman utara menyusul Bantul, Gunungkidul dan Kota Jogja. Pada September ini memasuki masa pancaroba yang berpotensi adanya cuaca ekstrem seperti petir, hujan lebat, dan angin kencang, sehingga masyarakat juga perlu waspada di DIY," kata Reny, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Kabut Tebal Warnai Pencarian Selamiyo di Lereng Merapi

Selain itu, di akhir tahun nanti fenomena La Nina juga disebut bakal terjadi di seputaran wilayah DIY. Namun Reny memprakirakan bahwa potensinya cenderung mengarah ke arah lemah seperti tahun lalu. Pihaknya juga bakal memperbaharui data prakiraan setiap tiga bulan agar bisa mengantisipasi insiden tersebut.

"Kalau saat ini diperkirakan potensinya lemah ya seperti tahun lalu dan pastinya data pembaharuan akan kita sampaikan terus ke masyarakat. Memang untuk musim kemarau ini kan ada iklimnya sedikit basah, kemudian untuk musim hujan nanti itu relatif ke arah netral yakni La Nina lemah namun potensi cuaca ekstrem tetap akan terjadi, mungkin bisa memperhatikan drainase, pohon dan sebagainya," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan IKN Capai 80 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement