BMKG Perkirakan Musim Hujan DIY Mulai Oktober

Ilustrasi. - Reuters
23 September 2021 15:07 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jogja memperkirakan awal musim penghujan akan tiba di wilayah DIY dan sekitarnya pada Oktober mendatang dan mencapai puncaknya pada Januari 2022.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jogja, Reny Kraningtyas mengatakan September yang merupakan musim pancaroba hendaknya diantisipasi berbagai pihak dengan siaga karena rawan bencana.

"Awal musim hujan umumnya pada bulan Oktober dan didahului oleh Kulonprogo utara dan Sleman utara menyusul Bantul, Gunungkidul dan Kota Jogja. Pada September ini memasuki masa pancaroba yang berpotensi adanya cuaca ekstrem seperti petir, hujan lebat, dan angin kencang, sehingga masyarakat juga perlu waspada di DIY," kata Reny, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Kabut Tebal Warnai Pencarian Selamiyo di Lereng Merapi

Selain itu, di akhir tahun nanti fenomena La Nina juga disebut bakal terjadi di seputaran wilayah DIY. Namun Reny memprakirakan bahwa potensinya cenderung mengarah ke arah lemah seperti tahun lalu. Pihaknya juga bakal memperbaharui data prakiraan setiap tiga bulan agar bisa mengantisipasi insiden tersebut.

"Kalau saat ini diperkirakan potensinya lemah ya seperti tahun lalu dan pastinya data pembaharuan akan kita sampaikan terus ke masyarakat. Memang untuk musim kemarau ini kan ada iklimnya sedikit basah, kemudian untuk musim hujan nanti itu relatif ke arah netral yakni La Nina lemah namun potensi cuaca ekstrem tetap akan terjadi, mungkin bisa memperhatikan drainase, pohon dan sebagainya," kata dia.