Advertisement

Kasus Harian Melandai, RSUD Wates Berencana Kurangi Bed Covid-19

Hafit Yudi Suprobo
Sabtu, 25 September 2021 - 20:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kasus Harian Melandai, RSUD Wates Berencana Kurangi Bed Covid-19 Ilustrasi. - REUTERS/Susana Vera

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Seiring dengan melandainya kasus positif Covid-19 harian di wilayah kabupaten Kulonprogo, RSUD Wates memutuskan untuk mengurangi kapasitas tempat tidur yang diperuntukkan bagi pasien positif Covid-19 sebanyak 20 unit.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Wates Ananta Kogam Dwi Korawan mengatakan berdasarkan catatan dari RSUD Wates pada Jumat (24/9/2021), total pasien positif Covid-19 yang dirawat di bangsal khusus penanganan pasien positif Covid-19 sebanyak enam orang.

Advertisement

"Kami berencana mengurangi kapasitas tempat tidur sebanyak 20 unit. Walaupun, sekali lagi itu masih tahap evaluasi. Saat ini, jumlah tempat tidur pasien terkonfirmasi Covid-19 di RSUD Wates sebanyak 72 tempat tidur. Saat ini, kami sedang melakukan evaluasi perkembangan kasus Covid-19 dan jumlah tempat tidur," kata Ananta Kogam pada Jumat (24/9/2021).

Dikatakan Ananta, melandainya pasien positif Covid-19 di RSUD Wates terjadi sejak Minggu keempat bulan Agustus lalu hingga saat ini. Penurunan tersebut menjadi faktor dikuranginya kuota tempat tidur pasien positif Covid-19 di RSUD Wates.

Baca juga: Pendaftar Calon Lurah Lebih dari 5 Orang, 3 Kalurahan di Paliyan Gelar Tes Tambahan

Namun demikian, RSUD Wates tetap mempertahankan sebanyak 52 tempat tidur bagi pasien positif Covid-19 di RSUD Wates. Hal tersebut menyusul prediksi sejumlah epidemiolog tentang potensi gelombang penyebaran Covid-19 ketiga di wilayah Indonesia saat libur akhir tahun 2021.

"Berdasarkan prediksi tersebut, RSUD Wates tetap waspada dan tidak mengurangi kapasitas tempat tidur bagi pasien positif Covid-19 secara masif. Kami tidak ingin tergesa-gesa mengalihkan kapasitas tempat tidur bagi pasien positif Covid-19 untuk pasien non Covid-19. Kami belajar dari pengalaman kasus tinggi Covid-19 harian di Kulonprogo pada Juli lalu," ujar Ananta.

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan tingkat keterisian tempat tidur bagi pasien positif Covid-19 di wilayah kabupaten Kulonprogo sebanyak 06,34 persen.

"Semoga kondisi ini terus membaik. Tingkat keterisian tempat tidur bagi pasien positif Covid-19 di IGD juga berada di angka 06,34 persen. Adapun, jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Wates sebanyak enam pasien. RSUD Nyi Ageng Serang kosong, dan dari 37 tempat tidur yang tersebar di tujuh rumah sakit swasta hanya terisi tiga pasien," ujar Baning. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Identitas 7 Mayat yang Ditemukan di Kali Bekasi Belum Diketahui

News
| Minggu, 22 September 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement