Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY Lolos ke Pimnas 2021

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY di sela-sela pelaksanaan pendampingan penelitian. - Ist.
30 September 2021 21:47 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak enam mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil lolos menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2021. Para mahasiswa ini mengangkat penelitian tentang kebutuhan masyarakat sekaligus mencarikan solusi.

Adapun enam mahasiswa tersebut terbagi dalam dua kelompok yaitu Tim PKM Riset Sosial Humaniora (RSH) terdiri atas M. Miftahul Ahsan, Nita Aribah Hanif, Vicky Alfina P, M. Noor Cahyadi dan Ahmad Syafiqurrahman. Sedangkan satu tim lagi dari PKM PI yaitu Galih Sasongko.

BACA JUGA : Pimnas Ke-31, Menristekdikti Minta Penelitian Jangan

“Objek penelitian kami di desa binaan UKM Pramuka di Jatimulyo, Girimulyo Kulonprogo yang kebetulan memiliki UMKM pengolahan buah kakao. Tetapi mereka terkendala alat produksi, kami merancang alatnya dan dimanfaatkan lalu berhasil untuk menaikkan hasil produksinya,” kata Galih Sasongko mahasiswa yang lolos ke Pimnas 2021 dalam rilisnya, Kamis (30/9/2021).

Sedangkan Vicky Alfina melakukan penelitian berkaitan dengan ilmu pengetahuan dengan fokus pada collaborative governance dalam penanganan Covid-19. "Tema yang kami bawa tentang collaborative governance dalam penanganan Covid-19 berhasil lolos ke Pimnas. Ini merupakan hasil diskusi bersama teman-teman," ucap Vicky Alfina selaku Ketua Tim dari RSH.

Penasehat PKM Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Sakir Ridho Wijaya menambahkan kampusnya memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya termasuk melalui kegiatan penelitian. Ia melakukan pendampingan selama proses mulai dari pembuatan proposal, namun sepenuhnya ide merupakan kreativitas mahasiswa. “Kegiatan seperti ini termasuk meningkatkan kompetensi mahasiswa agar memiliki daya saing ketika telah lulus, selama proses Pimnas tetap kami berikan pendampingan,” ujarnya.

BACA JUGA : 136 Kampus Bertarung di Pimnas Ke-31

Kaprodi IP UMY Tunjung Sulaksono mengapresiasi mahasiswanya yang berhasil lolos Pimnas 2021. Prodinya memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui kegiatan program kreativitas untuk mengantarkan mahasiswa mampu menguasai sains dan teknologi. “Mahasiswa kami beri peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni,” katanya.