Advertisement

Izin Lokasi Jalan Tol Jogja-YIA hingga Kini Belum Terbit, Ini Jawaban Pemda DIY

Ujang Hasanudin
Jum'at, 01 Oktober 2021 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Izin Lokasi Jalan Tol Jogja-YIA hingga Kini Belum Terbit, Ini Jawaban Pemda DIY Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Ketua Project Management Unit Tim Percepatan Pelaksanaan Program Prioritas Pembangunan (PMU TP5) DIY, Rani Sjamsinarsi mengatakan sampai saat ini Pemda DIY belum menerima dokumen penetapan lokasi (Penlok) untuk proyek jalan tol Jogja-Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo sebagai syarata keluarnya izin Penetapan Lokasi (IPL) dari Gubernur DIY.

Rani tidak berani menyampaikan kendala apa yang dialami Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sehingga belum mengajukan dokumen penlok. Namun menurutnya dokumen tersebut sedang dipercepat pembahasannya.

Advertisement

Sebenarnya, kata dia, penlok sudah dikirimkan lama namun dikemebalikan lagi karena terjadi perubahan terase, “Tapi itu ranahnya Pusat. Kita mencari yang terbaik belum ketemu, masih dibahas, sekarang bolanya ada di pusat, semoga satu dua minggu ini ketemu,” kata Rani, Jumat (1/10/2021).

“Begitu pusat mengirimkan pengajuan penlok lalu terbit IPL Gubernur DIY maka barulah sosialisasi dimulai,” katanya. Lebih lajut Rani mengatakan Pemda DIY juga tidak bisa memberikan target karena kewenangan jalan tol Jogja-YIA yang merupakan program strategis nasional tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Pusat.

BACAJUGA: Terkejut Didatangi Ganjar, Crew Radio Kenambai Umbai: Tidak Menyangka

“Ini programmnya pusat mestinya mereka harus punya target, kita support kalau ada kendala, kendala tersebut kita pikirkan dampaknya apa,” ujar Rani. Dia juga tidak berani menyampaikan kendala yang dialami dalam proses pembangunan jalan tol tersebut

“Kita engga bisa apa-apa kalau mereka engga ngirim [dokumen penetapan lokasi. Mereka kirim ada jalur terasenya, beloknya dimana, kita sosialisasikan kalau engga ada kendala,” ucap Rani.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY ini menyatakan memang sebaiknya difokuskan dulu pembangunan tol bagian Jogja-Solo dan Jogja Bawen yang sudah keluar IPL dan sudah proses pembebasan lahan dan ganti untung, sambil menunggu pembahsan tol Jogja-YIA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement