Pengurus Forum TJSP Sleman Dilantik, Apa Tugasnya?

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melantik pengurus Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) Kabupaten Sleman. - ist.
06 Oktober 2021 06:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) Kabupaten Sleman diharapkan mampu menjembatani tanggungjawab sosial perusahaan dan kepentingan masyarakat. Khususnya terkait dalam pembangunan daerah.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan pelantikan pengurus tersebut menjadi momentum awal bagi TJSP untuk lebih berkontribusi dan mendorong kemajuan pertumbuhan ekonomi di Sleman. "Memang tidak dapat dipungkiri, dalam pelaksanaan pembangunan, terutama dibidang ekonomi, domain swasta dan masyarakat menjadi kunci penggerak roda perekonomian masyarakat," katanya saat melantik 17 pengurus TJSP periode 2021-2023 di Pendopo Parasamya, Selasa (5/10/2021).

Direktur PUDAM Tirta Sembada, Dwi Nurwata dilantik sebagai Ketua Forum TJSP periode 2021-2023 menggantikan ketua sebelumnya, Muhammad Sigit. "Untuk mencapai keberhasilan pembangunan, partisipasi dari masyarakat dan pihak swasta sangat mutlak diperlukan. Hal itu mencakup aspek partisipasi dalam proses pembangunan, partisipasi dalam pertanggungjawaban hasil pembangunan, dan partisipasi dalam menerima pembangunan itu sendir," kata Kustini.

Dia berharap pengurus Forum TJSP Sleman yang dilantik dapat merencanakan, menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksaan program yang dilakukan pengurus sebelumnya. TJSP juga diharapkan mampu melakukan koordinasi dalam pelaksanaan program serta memberikan pemecahan permasalahan dalam pelaksanaan program.

"Forum TJSP bila dilaksanakan dengan benar, akan memberikan dampak positif bagi perusahaan, lingkungan, termasuk sumber daya manusia, sumber daya alam dan seluruh para pemangku kepentingan," kata Kustini.

Ketua Forum TJSP periode 2018-2021, Muhammad Sigit menjelaskan selama tiga tahun terakhir Forum TJSP Sleman melaksanakan banyak kegiatan sosial kemasyarakatan dengan realisasi mencapai lebih dari Rp13,9 miliar. Dalam kurun waktu tersebut kegiatan sosial yang dilaksanakan sebanyak 344 kali.

"Hingga tahun 2021 jumlah perusahaan yang aktif untuk pengajuan realisasi kegiatan TJSP sejumlah 130 perusahaan dan non aktif 20 perusahaan. Kami masih terus melakukan proses rekap pendataan kegiatan CSR masing-masing perusahaan sampai akhir tahun 2021," kata Sigit yang juga Direktur PD BPR Bank Sleman ini.

Ketua Forum TJSP terpilih, Dwi Nurwata mengajak seluruh pengurus Forum TJSP dan perusahaan/corporate di wilayah Sleman untuk mengoptimalkan pemanfaatan CSRnya melalui Forum TJSP. “Tentunya tanpa mengesampingkan program CSR yang sudah ada di masing-masing perusahaan serta sesuai perundang-undangan yang berlaku,” jelas Dwi.