Pemkot Jogja Menargetkan Vaksinasi Dosis 2 Selesai Desember

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengikuti program vaksinasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Minggu (21/3/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
10 Oktober 2021 20:17 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA– Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menargetkan vaksinasi dosis kedua untuk warganya tuntas Desember 2021. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, penyisiran untuk warga yang belum vaksin terus dilakukan, terutama yang berkegiatan di Kota Jogja.

“Perhitungan kami [vaksinasi dosis kedua untuk warga Jogja] selesai akhir Desember 2021,” kata Heroe, Jumat (8/10/2021).

Sementara untuk warga Jogja yang belum vaksin karena kendala komorbid atau penyintas, masih menunggu waktu yang tepat agar bisa vaksin. “Bagi warga Jogja sendiri yang penyintas Covid-19 dan komorbid, masih dalam proses untuk beliau-beliau layak vaksin,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja. “Tetap vaksin secara terus-menerus. Untuk vaksinasi dosis kedua masih bisa dilakukan di sentra vaksinasi atau layanan fasilitas kesehatan.”

Bagi penyintas Covid-19, perlu jeda waktu untuk nantinya bisa mendapat vaksin. Umumnya jeda waktu selama tiga bulan setelah sembuh. Namun dalam kondisi tertentu bisa divaksin sebulan atau dua bulan setelah sembuh dari Covid-19. “Kami tunggu sampai tiga bulan. Kami tunggu kapan penyintas bisa vaksin,” kata Heroe.

BACA JUGA: Sektor Pertanian Bakal Dapat Sertifikasi TKDN Gratis

Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jogja ke-265 tanggal 7 Oktober 2021, Pemkot Jogja mendeklarasikan telah menuntaskan vaksinasi dosis pertama untuk warganya. Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti mengatakan tuntasnya vaksin ini untuk warga Jogja yang memenuhi syarat untuk mendapat suntikan vaksin.

“Dengan ini [kami] menyatakan bahwa wilayah Kota Jogja, Provinsi DIY pada Kamis 7 Oktober 2021, bertepatan dengan HUT Jogja, kami persembahkan kepada seluruh masyarakat bahwa Kota Jogja sudah tuntas vaksin,” kata Haryadi.