Bakar Kayu untuk Usir Serangga, Warga Gunungkidul Kehilangan Sapi karena Terpanggang

Ilustrasi sapi - Pixabay
20 Oktober 2021 18:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Nasib apes dialami Winar Wakidi, 50, warga Dusun Ngepoh, Banjarejo, Tanjungsari. Akibat kebakaran kandang, ia kehilangan dua sapi peliharaan.

Peristiwa ini diketahui pada Rabu (20/10/2021) pagi. Lokasi kandang yang berada di ladang membuat warga tidak tahu persis kejadian ini. Pemilik baru tahu saat dikabari warga yang mencari rumput di sekitar lokasi kejadian.

Kapolsek Tanjungsari, Iptu Wawan Anggoro, mengatakan sudah mendatangi lokasi untuk mengecek kebakaran kandang milik Wakidi. Pemilik harus menanggung kerugian hingga puluhan juta rupiah karena dua sapinya mati terbakar.

“Tahu-tahu ada yang melihat dari kandang muncul kepulan asap. Setelah dicek, ada kebakaran dan dua ekor sapi di kandang mati terbakar,” kata Wawan kepada wartawan, Rabu.

Diduga peristiwa kebakaran terjadi karena pemilik lupa mematikan kayu yang dibakar pada Selasa (19/10/2021) sore. Wakidi membakar kayu untuk mengusir serangga di sekitar kandang. Namun, saat pulang dia tidak mematikan api. 

“Kalau membakar sampah atau kayu, harus dipastikan dahulu api benar-benar mati,” katanya.